Pemerintah menerbitkan empat seri prangko terbaru

Pemerintah menerbitkan empat seri prangko terbaru

Petugas menunjukkan prangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI 75 Tahun Indonesia Merdeka di Jakarta, Rabu (19/8/2020). PT Pos Indonesia meluncurkan Prangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI 75 Tahun Indonesia Merdeka. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menerbitkan empat seri prangko dalam suasana perayaan Peringatan 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya untuk mengabadikan perjuangan melawan COVID-19.

"Prangko memiliki aktualitas atau peristiwa yang terjadi pada suatu waktu. Meski pun kepingan kecil, tapi, sangat sarat makna mengandung berbagai fenomena," kata Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, saat peluncuran yang disiarkan secara virtual, Rabu.

Empat seri prangko yang diluncurkan hari ini adalah seri presiden dan wakil presiden, seri 75 tahun kemerdekaan, seri penanggulangan COVID-19 dan seri artis dan grup musik ternama.

"Prangko merupakan bagian penting dari sejarah Indonesia. Prangko membuktikan bukan hanya sebagai alat bayar pengiriman pos, tapi, juga media visualisasi nilai keberagaman masyarakat, bahkan kedaulatan suatu negara," kata Ma'ruf Amin.

Baca juga: Beredar prangko tokoh komik jagoan Indonesia

Baca juga: Prangko Asian Games dulu dan sekarang


Makna prangko
Dalam jumpa pers yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johhny G Plate menceritakan makna-makna yang terkandung dalam empat seri prangko yang diterbitkan hari ini.

"Prangko memiliki nilai yang tinggi dalam hubungan internasional, pendidikan, dan sebagai media promosi bagi segala kekayaan dan keunggulan bangsa dan negara kita. Serta menjadi alat untuk mengabadikan peristiwa yang sifatnya fenomenal," kata Johnny.

Prangko peringatan kemerdekaan Indonesia ke-75, seperti dikatakan Johnny merupakan memorabilia sejarah panjang kehidupan berbangsa dan bernegara. Peringatan kemerdekaan tahun ini berbeda karena Indonesia sedang berjuang menghadapi pandemi virus corona.

"Mengenang pahlawan kemerdekaan sekaligus mengenang jasa pahlawan kesehatan dalam darurat kesehatan di zaman sekarang yang juga mempertaruhkan jiwa dan raga memerangi pandemi Covid-19," kata Johnny.

"Kita patut mengungkapkan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan dan semua pihak yang terlibat yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi saat ini. Penerbitan prangko terkait Covid-19 ini menjadi peristiwa yang sangat langka".

Sementara itu, prangko seri presiden dan wakil presiden merupakan salah satu bentuk dokumentasi untuk tokoh.

"Prangko Seri Presiden dan Wakil Presiden selalu ditunggu kehadirannya di negara kita. Presiden dan Wakil Presiden selalu diabadikan ketokohannya dalam bentuk prangko khusus," kata Johnny.

Prangko seri artis dan grup musik ternama merupakan penghargaan kepada para seniman yang berjasa dalam mengembangkan seni musik Indonesia.

Seniman yang diabadikan dalam seri prangko ini adalah Titiek Puspa, Gesang, Gombloh, Koes Plus, Panbers, Bimbo dan God Bless.

Baca juga: Kementerian Kominfo luncurkan prangko seri Jokowi-Ma'ruf Amin

Baca juga: Pemprov akan luncurkan prangko 100 Tahun Gedung Sate saat HUT Jabar

Baca juga: Naskah kuno Indonesia diabadikan dalam seri prangko terbaru

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta 'tol langit' Palapa Ring masuk ke rumah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar