Palembang (ANTARA News) - Sumatra Selatan akan menyiapkan sovenir SEA Games 2011 dari bahan baku karet yang dihasilkan oleh daerah itu, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel, Eppy Mirza, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, untuk sovenir SEA Games 2011 nantinya dibuat di Sumsel dengan memanfaatkan bahan baku yang ada di provinsi ini.

Sovenir yang akan dibuat itu bisa saja berbentuk binatang dari Sumsel seperti Harimau Sumatera, kemudian jembatan Ampera dan lainnya dan tentunya berciri khaskan Sumsel, katanya.

Ia menyatakan, memasuki tahun 2010 nanti sudah dimulai persiapan untuk SEA Games 2011 mulai dari sovenir.

Sovenir itu nantinya hasil dari para pengrajin dan industri di Sumsel dengan begitu bisa meningkatkan pendapatan mereka, ujarnya pula.

Untuk sovenir SEA Games mendatang nantinya akan dicoba dengan memanfaatkan bahan baku dari karet, kata dia lagi.

Ia mengatakan, bisa saja nantinya sovenir itu terbuat dari bahan baku karet, kemudian untuk pakaiannya menggunakan kain khas Sumsel songket.

Sumsel merupakan salah satu daerah yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan SEA Games XXVI tahun 2011 mendatang di Indonesia.

Sementara SEA Games XXV tahun 2009 baru-baru ini dilaksanakan di Vientiane, Laos dan di kota tersebut banyak sekali sovenir tentang ciri khas negara itu seperti kalung, cincin, gelang, gantungan kunci yang bermotik bunga.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009