Jakarta (ANTARA News) - Antrean calon penumpang sepanjang lebih dari 500 meter terjadi di halte busway Dukuh Atas II, Jakarta Pusat, hari ini, menunggu untuk bisa diangkut bus TransJakarta menuju kebun binatang Ragunan di Jakarta, Selatan.

"Saya mengantre dari satu jam yang lalu," kata Toto (38), pengguna fasilitas Transjakarta asal Pulogadung.

Menurutnya antrean panjang yang terjadi di jalur pengguna busway arah Ragunan di saat libur Tahun Baru 2010 sangat berbeda dengan keadaan pada saat libur tahun baru 2009.

"Tahun lalu saya juga menghabiskan libur Tahun Baru bersama keluarga di Ragunan. Tapi antriannya tidak separah sekarang," ujarnya.

Di halte Dukuh Atas II terlihat penumpang yang terdiri dari anak-anak dan orang tuanya mengantre menunggu bus Transjakarta yang akan membawa mereka ke Ragunan. Bahkan ada ibu yang membawa bayi masih berumur dua bulan.

Anti (22), warga Cikini, mengeluhkan kurangnya armada bus Transjakarta jalur khusus ke arah Ragunan sehingga menyebabkan antrean panjang di halte busway Dukuh Atas II.

"Seharusnya di hari libur seperti ini armada yang khusus melayani tempat wisata ditambah sehingga pengguna Transjakarta tidak perlu mengalani antrean panjang seperti hari ini," katanya.

Semena itu, Samsul (31), petugas keamanan yang mengatur antrean di halte buswayy Dukuh Atas II menyatakan semua pengguna Transjakarta jalur khusus Ragunan memang menumpuk di halte Dukuh Atas II sehingga menyebabkan antrean panjang.

Pengelola Bus Transjakarta pada libur Tahun Baru 2010 (1-3 Januari) melayani jurusan khusus ke beberapa tempat wisata di Jakarta seperti Taman Impian Jaya Ancol dan kebun binatang Ragunan.

Sementara itu, antrian ratusan kendaraan roda dua dan empat sepanjang satu kilometer terjadi di area masuk kebun binatang Ragunan. Ratusan pengunjung yang berjalan kakipun terlihat berbondong-bondong bersama keluarga menuju ke arah pintu masuk Ragunan.
(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010