Banda Aceh (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang pesisir pantai barat Provinsi Aceh, berpusat di 230 km barat daya Meulaboh kabupaten Aceh Barat, Jumat.

"Gempa bumi terjadi pada pukul pada 13.46.22 WIB dengan kedalaman (episentrum) 10 km," kata Kepala Stasiun Geofisika Mata Ie, Syahnan di Banda Aceh, Jumat.

Lokasi gempa berada di 3.11 Lintang Utara (LU) - 94.32 Bujur Timur BT. Gempa bumi juga dirasakan pada 237 km barat laut Sinabang Kabupaten Simeulue dan 287 km barat daya Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya.

Namun gempa bumi yang dapat dirasakan untuk pertama kalinya oleh masyarakat di provinsi paling barat Indonesia pada 2010 itu disebutkan tidak berpotensi tsunami.

Gempa bumi dengan kekuatan sedang tersebut tidak begitu dirasakan warga sehingga tidak membuat orang panik. Salah seorang warga Meulaboh, Surya mengatakan tidak mengetahui jika gempa bumi sedang terjadi sebab ia sedang beraktifitas.

"Saya merasa sedikit goyang tetapi saya tidak berpikir terjadi gempa jadi tidak panik," kata Surya.

Wilayah pesisir barat Aceh seperti Meulaboh, Aceh Barat dan Aceh Jaya merupakan salah satu daerah yang porak-poranda akibat gempa bumi disertai tsunami 26 Desember 2004.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010