Pekanbaru (ANTARA News) - Kesebelasan PSPS Pekanbaru mematahkan ambisi Persisam Samarinda untuk menekuk tim tuan rumah dengan skor 2-0 dalam lanjutan pertandingan Djarum Indonesia Super League (ISL) 2009/2010 di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru, Rabu.

Sehari sebelumnya tim tamu berjuluk dari Kalimantan Timur berjuluk Elang Borneo itu berambisi penuh untuk menaklukkan PSPS dikandangnya karena memiliki rekor bagus dan dihuni pemain-pemain berkualitas.

Namun sejak wasit Sumardi asal Surakarta meniupkan peluit pertanda dimulainya babak pertama, tim besutan winger yang pernah memperkuat Persebaya dan timnas, Aji Santoso, itu kesulitan untuk mengembangkan permainan.

PSPS bermain dengan kolektifitas dari kaki ke kaki yang mengandalkan setiap lini mampu membuat kucar-kacir barisan pertahanan Persisam yang dikomandoi oleh mantan pemain Persija Jakarta, Hamka Hamzah.

Walhasil penampilan anak-anak Samarinda itu cenderung bermain keras yang menjurus kasar yang berakibat fatal karena lahirnya gol pertama tim tuan rumah menit ke-25 yang dicetak Dzumafo Herman melalui bola mati beberapa meter di luar garis 16 besar.

Ketika itu salah seorang pemain Persisam terpaksa mematikan pergerakan striker PSPS, M Isnaini dengan menganjalnya di luar kotak penalti, sehingga wasit memberikan hadiah tendangan bebas yang kemudian membuahkan gol yang membuat kedudukan 1-0 hingga berakhir babak pertama.

Pada babak kedua Elang Borneo cenderung menguasai bola, namun kesulitan untuk menembus barisan bawah pasukan Askar Bertuah sehingga gawang PSPS yang dijaga Fance Haryanto masih aman.

Karena terlalu asik menyerang membuat barisan pertahanan Persisam lengah dan melalui serangan balik pemain pengganti April Hadi berhasil memaksa kiper tim tamu Wawan Hendrawan memungut bola dari gawangnya.

Usai pertandingan Asisten Manager Persisam, Hendri Susilo, mengakui, kalau penampilan tim PSPS lebih baik meski timnya dihuni banyak bintang seperti Hamka Hamzah, Fandi Mochtar, Ronald Fagundez dan Danilo Fernando.

"Bagaimana pun hasil di lapangan yang menentukan dan PSPS lebih baik dan beruntung dari kami sehingga mereka mampu mencetak dua gol ke gawang kami," ujarnya.

Dengan kemenangan tersebut maka posisi PSPS menjauhi zona degradasi dan berada di posisi 10 klasemen sementara dengan 22 poin dari 16 kali penampilan, sedangkan Persisam berada di peringkat 14 klasemen dengan 19 poin dari 17 partai yang dilakoni.(*)

Sususnan pemain

PSPS; Fance Haryanto, Danil Junaidi, Dedy Gusmawan, Banaken Bassoken, Agus Cima, Rusdianto, Ade Suhendra, Ade Chandra Kirana/April Hadi, Cyril Emile Tcahana, M Isnaini/M Zahrul Azhar dan Dzumafo Herman (C).

Persisam; Wawan Hendrawan, Hamka Hamzah (C), Tsimi, Supriyadi/Syaipul, Usep Munandar/Panggah, Akbar Rasyid/Zainal Arief, Achmad Sembiring, Fandi Mochtar, Ronald Fagundes, Danilo Fernando dan Pipat Tonkaya.

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010