Pekanbaru (ANTARA News) - Klub PSPS Pekanbaru menutup putaran pertama Djarum Indonesia Super League (ISL) 2009/2010 dengan manis setelah menundukkan Pelita Jaya Karawang 2-1 di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru, Ahad.

Gol PSPS dicetak oleh strikernya Dzumafo Herman Efandi di menit 18 dan Muhammad Isnaini pada menit 62, sedangkan gol balasan tim tamu Pelita Jaya diciptakan Jajang Mulyana di menit 71.

Sejak "kick off" babak pertama, Pelita Jaya yang bermain tanpa pemain timnas Firman Utina yang dicadangkan oleh Fandi Ahmad karena kurang fit, terlihat kedodoran menghalau serangan tim tuan rumah.

Kerjasama pada lini tengah tim tuan rumah yang dimotori Ade Suhendra, Ade Chandra Kirana dan Cyril Emile Tchana mampu merepotkan barisan pertahanan tim tamu yang dipercayakan kepada Supardi cs.

PSPS yang menguasai jalannya pertandingan babak pertama mampu menciptakan beberapa kali peluang baik melalui Tchana, Ade Chandra atau melalui strikernya M Isnaini dan Dzumafo, namun gagal dimanfaatkan dengan baik.

Gol tim tuan rumah sepertinya hanya menunggu waktu dan terbukti pada menit ke 18, Dzumafo berhasil menjebol gawang Pelita Jaya yang dikawal Dian Agus Parasetyo melalui sundulan setelah menerima umpan Ade Chandra dari tendangan sudut sisi kiri pertahanan lawan.

Setelah lahir gol pertama pasukan Askar Bertuah semakin gencar menyerang dengan sempat menghasilkan sejumlah peluang, namun skor akhir babak pertama tidak berubah 1-0.

Memasuki babak kedua Pelita mengganti pemain bawahnya Kery Yudiono dengan Ahmad Juprianto yang ditugaskan khusus mengawal striker asing PSPS asal Kamerun, Dzumafo Herman.

Namun justru publik tuan rumah hampir saja dikejutkan dengan tendangan pemain PSPS, Ade Chandra di menit pertama babak kedua yang mampu ditepis kiper tim tamu setelah menerima umpan silang di dalam kotak penalti dari Dzumafo.

Permainan anak-anak PSPS kembali menebar ancaman bagi penjaga gawang Pelita dari tendangan Tchana membentur sisi kanan tiang gawang yang dijaga Dian Agus Prasetyo.

Serangan bertubi-tubi pasukan Askar Bertuah akhirnya membuahkan hasil di menit ke 62 melalui gol yang dicetak M Isnaini setelah menerima umpan Dzumafo dari bola yang memantul karena ditepis oleh kiper Pelita.

Meski tertinggal 2-0, namun semangat The Young Guns, julukan Pelita, tidak memudar untuk menyamakan posisi melalui kerjasama antar lini kaki ke kaki.

Berulang kali anak-anak Karawang mengurung hingga setengah lapangan sampai akhir babak kedua, namun hanya satu gol yang tercipta pada menit 71 melalui kaki Jajang Mulyana setelah terjadi kemelut didepan gawang PSPS yang dikawal Fance Haryanto.

Susunan pemain

PSPS; Fance Haryanto, Danil Junaidi, Dedy Gusmawan, Banaken Bassoken, Agus Cima, Rusdianto, Ae Suhendra, Ade Chandra Kirana/April Hadi, Cyril Emile Tchana, M Isnaini dan Dzumafo Herman (c).

Pelita Jaya; Dian Agus Prasetyo, Ardan Aras/Agustiar Batubara, Yohan Ibo, Supardi, Kery Yudiono/Ahmad Juprianto (KK), Muhammad Ridwan (c), Yusmadi, Yuthajak Konzan, Siraj Ahmad, Jajang Mulyana dan Esteban Viscarra. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010