Pilkada 2020, KPU: 25 kabupaten/kota terdapat calon tunggal

Pilkada 2020, KPU: 25 kabupaten/kota terdapat calon tunggal

Komisioner KPU RI Ilham Saputra (ANTARA/Dyah Dwi)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum menyampaikan untuk Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 ini terdapat 25 kabupaten/kota yang memiliki calon tunggal.

"Jumlah daerah yang terdapat calon tunggal sebanyak 25 kabupaten/kota. Selanjutnya rincian data tersebut dapat dilihat selengkapnya melalui laman infopemilu.kpu.go.id," kata Komisioner KPU RI Ilham Saputra, di Jakarta, Senin.

Baca juga: KPU perpanjang pendaftaran Pilkada untuk antisipasi calon tunggal

Dari data rekapitulasi, 25 pasangan calon tunggal tersebut merupakan calon yang maju lewat dukungan partai politik, tidak ada yang lewat jalur perorangan atau independen.

Daerah yang memiliki calon tunggal, yakni 3 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kota Gunung Sitoli dan Pematang Siantar.

Kemudian, Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat. Selanjutnya Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Satu kabupaten di Provinsi Bengkulu juga memiliki calon tunggal, yakni, Bengkulu Utara. Provinsi Jawa Tengah terdapat tujuh daerah dengan calon tunggal, yakni Boyolali, Grobogan, Kebumen, Kota Semarang, Sragen dan Wonosobo.

Baca juga: Calon tunggal? Jangan cemas.

Provinsi Jawa Timur didata memiliki dua daerah dengan calon tunggal, yakni Ngawi dan Kediri. Kabupaten Badung, Sumbawa Barat, Kota Balikpapan, Kutai Kartanegara, Gowa, Soppeng Mamuju Tengah, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Raja Ampat juga didata memiliki calon tunggal.

Komisi Pemilihan Umum menerima sebanyak 738 bakal pasangan calon kepala daerah yang mendaftar Pemilihan kepala daerah serentak 2020.

Ilham Saputra mengatakan jumlah tersebut merupakan data akumulasi dari bakal pasangan calon yang mendaftar dari 4-6 September dan di perpanjangan masa pendataran hingga 13 September 2020 pukul 24.00 WIB.

"Setelah tahapan perpanjangan pendaftaran bakal pasangan calon, KPU provinsi, KPU kabupaten kota akan melakukan verifikasi dan pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon yang telah diterima pendaftarannya," ujar Ilham.

Baca juga: Bawaslu: Tren calon tunggal dalam pilkada kian meningkat

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar