London (ANTARA News/AFP) - Pasar-pasar saham utama Eropa bergerak naik pada Selasa waktu setempat, di tengah meningkatkan prospek intervensi Uni Eropa (UE) untuk mengurangi utang yang melumpuhkan dan defisit krisis di Yunani.

Mitra Eropa Yunani berada di bawah tekanan untuk menyetujui mekanisme bantuan keuangan untuk Athena dan untuk mengadakan pertemuan puncak pada Kamis di Brussel.

Bencana fiskal Yunani diperkirakan akan menonjol dalam pembicaraan, dengan Uni Eropa ingin menghindari campur tangan Dana Moneter Internasional (IMF).

"Kami tidak perlu memanggil IMF," Komisaris Urusan Ekonomi Uni Eropa Joaquin Almunia mengatakan kepada parlemen Eropa di Strasbourg. "Kita semua tentu saja anggota IMF tetapi kita dapat dan harus melakukan hal ini dengan diri kita sendiri."

"Jika kami memiliki tingkat yang tepat dari koordinasi, jika kami punya komitmen politik, jika kami menggunakan instrumen yang kami miliki ... kami memiliki lebih dari cukup instrumen untuk melakukan apa yang diperlukan," katanya.

Tapi Almunia juga menyuarakan kekhawatiran bahwa perjuangan Yunani untuk mengekang pengeluaran dan menopang kredibilitas yang kendur pada pasar keuangan internasional dapat menimbulkan "risiko serius dari spillover" ke bagian lain dari 16 negara zona euro.

Kesengsaraan Yunani adalah "materi yang menjadi perhatian bersama untuk zona euro dan Uni Eropa secara keseluruhan," ia menambahkan, menekankan bahwa kekacauan keuangan publik di negara "mengancam stabilitas" baik di di dalam negeri maupun di tempat lain di zona euro.

Ketakutan adalah bahwa utang lain anggota zona euro, terutama Spanyol dan Portugal, bisa - seperti Yunani - merasa semakin lebih mahal untuk menghimpun uang di pasar internasional.

Namun prospek tindakan Uni Eropa, mungkin melalui pinjaman bilateral ke Yunani, memicu semangat investor Selasa, kata para analis.

Sebagian besar bursa saham Eropa kembali dari kerugian sebelumnya dan ditutup pada wilayah positif, dengan indeks FTSE 100 London menambahkan 0,38 persen menjadi berakhir pada 5.111,84 poin.

Di Paris, indeks CAC 40 naik 0,15 persen menjadi 3.612,76, sementara di Frankfurt indeks DAX 30 naik 0,24 persen pada 5.498,26 poin.

Harga saham naik tipis 0,18 persen di Amsterdam dan 0,68 persen di Madrid, sementara jatuh 0,57 persen di Milan dan 0,51 persen di Swiss Market Index.

Kelegaan terlihat jelas di Athena, di mana pasar saham meroket 4,96 persen pada Selasa.

"Untuk sekali pasar memperhatikan apa yang terjadi di Eropa," kata Alice Lhabouz dari Turgot Asset Management di Paris.

Investor, katanya, meletakkan harapan tinggi di pertemuan puncak Kamis, menunggu kejelasan dan respons kuat yang akan meringankan kekhawatiran dari kegagalan utang Yunani.

Investor di Amerika Serikat itu juga semangatnya lebih baik pada Selasa menjelang KTT Uni Eropa, terutama di tengah berita bahwa kepala Bank Sentral Eropa (ECB) Jean-Claude, meninggalkan pertemuan para gubernur bank sentral di Sydney untuk menghadiri KTT di Brussels.

Keputusan ini memperkuat spekulasi bahwa beberapa jenis pengaturan keuangan untuk Yunani sedang diolah.

Saham blue-chip Dow Jones Industrial Average naik 0,90 persen pada pertengahan hari di 9.997,80 poin, sementara indeks Nasdaq meningkat 0,89 persen menjadi 2.145,03.

Sebelumnya di Asia, acuan Tokyo Stock Exchang indeks Nikkei-225  ditutup turun 0,19 persen menjadi 9.932,90 poin, level terendah sejak awal Desember.

Raksasa mobil Jepang bermasalah Toyota naik 2,89 persen menjadi 3.375 yen di tengah "bargain hunting" (aksi buru saham) setelah mengalami kerugian tajam atas masalah keamanan dan walaupun

melaporkan akan menangguhkan produksi dalam negeri dari SAI dan Lexus HS250h hibrida pada akhir minggu. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010