Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) tengah mengadakan gowes Jakarta-Papua sejauh 2020 kilo meter (KM) sebagai salah satu bentuk dukungan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021.

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin mengatakan bahwa gowes yang menempuh jarak tersebut juga digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk mengkampanyekan PON ke daerah-daerah.

“Ini merupakan salah satu pendekatan kami untuk ikut mengkampanyekan PON ke daerah-daerah. Ketua KONI sendiri sudah memberikan dukungannya. Daripada debat di media terkait pelaksanaan balap sepeda di PON nanti, kami tunjukkan dukungan saja lewat program ini," katanya.

Baca juga: ISSI lobi Menpora untuk bantu balap sepeda tampil di PON Papua
Baca juga: KONI Papua bersikukuh tak akan pertandingkan 10 cabor di PON XX

 

Gowes Jakarta-Papua itu sudah dimulai di mana etape pertamanya menempuh jarak 120 km dari Jakarta ke Purwakarta, Senin. Kegiatan bersepeda itu diharapkan bisa finis di Papua sebelum PON digelar pada Oktober 2021.

“Pokoknya dicicil nanti hingga akumulasi jaraknya bisa mencapai 2020 km begitu sampai Papua. Etape selanjutnya bisa saja Jakarta-Yogyakarta. Tapi enggak harus mulai dari Jakarta juga. Etape berikutnya, mungkin saya akan menyusul timnas yang akan kembali ke Yogyakarta, target jaraknya 200 km," ujar Oktohari yang juga menjabat Ketum Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Okto, sapaan karibnya, menambahkan bahwa pihaknya juga akan mengajak para stakeholder olahraga Indonesia, mulai dari atlet nasional hingga komunitas sepeda untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Bahkan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, kata dia, sudah menyanggupi untuk ikut serta.

"Hampir semua daerah kabupaten/kota se-Indonesia saat ini berolahraga sepeda. Niatnya kalau bisa keliling hingga nanti akhirnya finis di Papua,"

“Kami tetap menggunakan protokol kesehatan ketat. Kalau segalanya lancar, perhitungannya Desember 2020 selesai 2020 km," pungkasnya.

Baca juga: KOI inginkan anggaran khusus pembinaan atlet muda demi Olimpiade 2032
Baca juga: Tips aman bersepeda saat normal baru bagi pemula


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020