Los Angeles, (ANTARA News) - Tersingkir dari pemuncak box office dalam negeri, Avatar muncul sebagai nomer satu pada akhir pekan dengan meraup 59 juta dolar di luar negeri.

"Avatar" menantang pembukaan dari tiga film produksi studio utama di luar negeri.

James Cameron sang sutradara, mendorong rekor pendapatan di luar negeri sejumlah 1,69 milyar dolar. Hal yang belum pernah terjadi sebelumnya, Pendapatan di seluruh dunia sejumlah 2,35 milyar dolar AS.

20th Century Fox merilis, Avatar diputar di 8.453 bioskop di 71 pasar, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Film produksi Warner Bros yang berjudul "Valentine's Day" menduduki peringkat kedua. Film besutan sutradara Gary Marshall itu mulai diputar secara internasional di 4.562 tempat di 52 pasar. Dalam seminggu menghasilkan 30.4 juta dolar.

Film itu bertabur bintang ternama seperti Ashton Kutcher dan Jennifer Garner. "Valentine's Day" menjadi nomer satu di Australia dengan pendapatan 6.4 juta dolar dari 373 lokasi.

Di Inggris menduduki peringkat kedua dengan perolehan 4.7 juta dari 432 tempat dan memperoleh 2.5 juta dolar di Jerman dari 410 tempat.

Film fantasi petualangan produksi Fox, "Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief" menduduki posisi ketiga. Film arahan Chris Columbus itu diadaptasi dari buku populer karya Rick Riordan. Pada pembukaannya memperoleh 28 juta dolar dari 5800 tempat di 40 wilayah.

"The Wolfman" bertengger pada peringkat keempat. Film produksi Universal itu kira-kira meraup 21 juta dolar dari 4.222 tempat di 37 wilayah.

Joe Johnston sang sutradara membuat versi baru film klasik berjudul sama produksi tahun 1941. Film ber-genre horor itu versi aslinya dibintangi oleh Lon Chaney Jr., Bela Lugosi dan Maria Ouspenskaya.

Versi barunya dibintangi oleh Benicio Del Toro, Anthony Hopkins dan Emily Blunt. "The Wolfman" bertengger di posisi ketiga di Inggris pada pembukaannya dengan perolehan 3.4 juta dolar. Di Mexico menjadi nomer satu dengan pendapatan 3.2 juta dolar.

Film yang dibintangi aktor Bollywood Shah Rukh Khan, "My Name Is Khan" bertengger di peringkat kelima. Film drama produksi Fox itu berkisah tentang seorang muslim Mumbay penderita sindrom Asperger. "My Name Is Khan" mengambil tema yang berhubungan dengan peristiwa 9 September.

Film berbahasa Inggris dan Hindi itu menjadi nomer satu di India pada pembukaanya, dengan meraup 9.2 juta dolar dari 1.450 bioskop. Secara keseluruhan menghasilkan 14.2 juta dolar dari 1.572 bioskop di tujuh pasar.

"The Princess and the Frog" menghasilkan keuntungan kotor 11,3 juta dolar dari 3,643 lokasi di 39 pasar. Film animasi itu menaikkan sasaran pendapatan luar negeri sebelumnya sejumlah 100 juta (109 juta dolar). (ENY/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010