Kenali fasilitas hotel berdasarkan klasifikasi bintang

Kenali fasilitas hotel berdasarkan klasifikasi bintang

Ilustrasi hotel (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Semakin tinggi klasifikasi bintang yang tersemat pada hotel, semakin mewah dan lengkap fasilitas yang ditawarkan.

“Penilaian penggolongan kelas Hotel Bintang dan penetapan Hotel Non Bintang dilakukan setelah seluruh Persyaratan Dasar dapat terpenuhi," kata Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, dalam siaran resmi Pegipegi, Rabu.

Hotel yang belum mencapai nilai minimal yang ditentukan untuk golongan kelas hotelnya, harus memperbaiki atau memenuhi kekurangannya paling lambat dalam waktu enam bulan.

Baca juga: Camilan Imlek cantik nan unik ala hotel berbintang

Apabila dalam jangka waktu tersebut hotel tidak melaksanakan perbaikan, maka hotel itu akan digolongkan ke dalam kelas bintang yang lebih rendah, ujar Hariyadi.

Pelaksanaan penilaian sertifikasi usaha hotel dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) Bidang Pariwisata yang berkedudukan di wilayah Indonesia.

Lalu, apa bedanya hotel bintang empat dan bintang lima? Seperti apa fasilitas yang harus ada di hotel berbintang?

Mari kenali fasilitas hotel berdasarkan klasifikasi bintang di bawah ini.

Baca juga: Liburan rasa Naruto di kamar yang terinspirasi dari vila Hokage

HOTEL NON BINTANG
Hotel ini biasanya disewakan dengan harga yang relatif murah. Fasilitas yang dimiliki juga standard. Biasanya, hotel ini disebut juga dengan hotel budget. Kriteria hotel non bintang, antara lain punya kamar sederhana dan kamar mandi biasanya terletak di luar.

HOTEL BINTANG SATU
Hotel bintang satu biasanya dikelola langsung oleh si pemilik dan ukurannya relatif kecil. Namun, hotel ini berlokasi strategis, di tempat ramai, dan memiliki akses ke transportasi umum. Tentu saja harganya jauh lebih murah. Kriterianya, antara lain punya kamar tipe standard dengan jumlah kamar minimal 15, kamar mandi di dalam dan luas kamar minimal 20 meter persegi.

HOTEL BINTANG DUA
Akses menuju hotel bintang dua biasanya bisa dicapai dengan mudah. Hotel bintang dua berlokasi di lingkungan yang aman, bersih, dan bebas polusi. Gedungnya juga terawat dan rapi. Kriterianya adalah punya kamar standard minimal 20 dengan luas minimal 22 meter persegi, punya kamar suite minimal satu kamar seluas minimal 44 meter persegi, kamar mandi di dalam, tersedia TV dan telepon di setiap kamar.

Di hotel ini, pintu kamar harus dilengkapi pengaman. Kamarnya dilengkapi AC dan jendela. Hotel bintang dua juga harus punya lobi, sarana olahraga, rekreasi dan bar. Fasilitas penerangannya 150 lux.

Baca juga: Nikmati udara segar lewat "kamar hotel" di alam terbuka Swiss

HOTEL BINTANG TIGA
Dari hotel bintang tiga, Anda lebih punya akses mudah untuk menjelajah tempat wisata, pusat belanja, dan pusat bisnis. Lokasinya juga dekat tol, jadi bukan hanya cocok untuk wisatawan, tapi juga untuk pebisnis. Para karyawannya juga terlihat rapi, profesional, dan siap melayani tamu dengan ramah.

Kriterianya adalah punya lobi berdesain apik, punya kamar standard minimal 30 dengan luas minimal 24 meter persegi, punya kamar suite minimal dua dengan luas minimal 48 meter persegi. Kamar mandi di dalam, punya toilet sendiri. Selain sarana rekreasi dan olahraga, harus ada restoran yang menyediakan makanan pagi, siang dan malam. Hotel bintang tiga juga punya valet parking.

HOTEL BINTANG EMPAT
Hotel ini memiliki bangunan yang luas dan cukup besar, dekat dengan tempat wisata, tempat belanja, dan pusat hiburan. Kriteria hotel bintang empat adalah punya kamar tipe standard minimal 50, kamar suite minimal tiga yang luas minimalnya sama dengan hotel bintang empat. Tamu juga bisa menikmati kamar mandi malam dengan fasilitas air panas atau dingin. Lobi di hotel bintang empat minimal seluas 100 meter persegi.

HOTEL BINTANG LIMA
Hotel bintang lima hotel termewah dengan pelayanan multibahasa. Karena sangat mementingkan tamu, maka setiap tamu yang datang akan disambut dengan ramah oleh staf. Setiap tamu yang akan menginap juga diberikan welcome drink, bahkan diberikan daftar anggur yang bisa dipilih saat masuk ke kamar hotel.

Hotel bintang lima harus punya kamar tipe standard minimal 100 (luas minimal 26 meter persegi), minimal empat kamar suite (luas setidaknya 52 meter persegi), kamar mandi dalam dengan air panas atau dingin.

Tempat tidur dan perabotan dalam kamar harus berkualitas tinggi dan ada fasilitas restoran selama 24 jam serta makanannya pun bisa diantar ke kamar. Hotel bintang lima pun menyediakan pusat kebugaran dan valet parking.

Baca juga: Akibat PSBB Jakarta, okupansi hotel di Jawa Barat turun

Baca juga: Protokol baru di restoran hotel berbintang

Baca juga: Mencicipi lezatnya sajian khas Imlek hotel berbintang

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov Sumbar siapkan hotel untuk karantina pasien COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar