Jakarta (ANTARA) - Andy Murray akan berhadapan dengan Stan Wawrinka pada putaran pertama turnamen tenis French Open yang akan berlangsung akhir pekan ini.

Pertemuan Murray dan Wawrinka di Roland Garros layaknya de javu lantaran keduanya pernah beberapa kali bertemu pada semifinal turnamen di lapangan tanah liat itu.

Terakhir kali pertemuan keduanya terjadi pada 2017. Pertemuan tersebut menjadi yang tak terlupakan karena mereka harus melakoni pertarungan brutal dalam lima set yang melelahkan dan menegangkan.

Pada laga yang bertahan selama 4 jam 30 menit itu, Murray harus mengakui keunggulan juara Roland Garros 2015 Wawrinka.

Baca juga: Murray dan Bouchard dapat "wildcard" berlaga di Roland Garros

Pertandingan tersebut juga cukup membekas bagi Murray. Sejak saat itu, karier petenis Inggris Raya itu terancam akibat cedera pinggul yang sudah dideritanya sejak lama yang mengharuskannya menjalani sejumlah operasi.

Ia bahkan mengenang kembali pertandingan terakhirnya di Roland Garros itu lewat Instagramnya, @andymurray.

“Perjalanan yang cukup panjang untuk bisa kembali ke Court Philipe Chatrier. Tiga setengah musim sejak saya bertanding melawan Stan Wawrinka dalam semifinal lima set yang brutal yang membuat saya menyerah dengan cedera pinggul yang saya derita,” tulisnya.

“Sungguh suatu kegembiraan bisa kembali ke Roland Garros.”

Baca juga: Murray tersingkir di babak kedua US Open

Petenis peringkat 111 dunia Murray kembali ke Paris tahun ini berkat wild card. French Open kali ini menjadi penampilan keduanya di Grand Slam musim ini setelah US Open.

Murray cukup diunggulkan dengan disokong rekor kemenangan 12-8 atas Wawrinka. Namun secara gelar, baik Murray maupun Wawrinka sama-sama telah mengantongi tiga gelar Grand Slam.

Sementara itu, Novak Djokovic, yang berusaha memenangkan gelar keduanya di Roland Garros akan berjumpa petenis Swedia peringkat 80 Mikael Ymer.

Juara bertahan Rafael Nadal yang juga mengincar mahkota French Open ke-13 akan memulai perjalanannya di Roland Garros melawan petenis ranking 83 asal Belarusia Egor Gerasimov, demikian AFP.

Baca juga: Stan Wawrinka pecah kongsi dengan mentor lamanya

Baca juga: Thiem merasa sekaranglah saatnya sukses di Roland Garros

Baca juga: Nadal fokus ke Roland Garros usai gagal ke semi final Italian Open


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020