Jakarta (ANTARA) - Monaco harus bermain dengan sembilan orang tatkala menumbangkan Strasbourg 3-2 pada laga pekan kelima Liga Prancis yang digelar di Stadion Stade Louis II, Minggu.

Sejak menit ke-67, Monaco harus bermain dengan sembilan pemain setelah Aurelien Tchouameni dan Axel Disasi ke ruang ganti lebih cepat karena mendapat kartu merah. Aurelien mendapat kartu kuning kedua setelah menjegal Alexander Djiku, sementara Disasi melanggar Ludovic Ajorque di dalam kotak penalti.

Dalam pertandingan itu, Wissam Ben Yedder membukukan dua gol diselingi gol Ruben Aguilar, sementara gol balasan tim tamu dicetak Mendi Chahiri dan Ludovic Ajorque, demikian catan resmi Liga Prancis.

Dengan raihan tiga poin ini membuat Monaco merangsek ke posisi lima dengan 10 poin, sementara Strasbourg terpuruk di tepi jurang degradasi dengan tiga poin.

Baca juga: Menang 2-1, Monaco perpanjang rekor manis kontra Nantes

Monaco sejak awal laga langsung menggebrak pertahanan Strasbourg lewat aksi Stevan Jovetic. Sayang sepakannya menyamping tipis di sisi kiri gawang tim tamu.

Tak lama bagi anak-anak asuh Niko Kovac itu untuk unggul. Pada menit sembilan, sepakan Wissam Ben Yedder menerima umpan Kevin Volland diselesaikan lewat sepakan kaki kanan yang tak bisa diselamatkan kiper.

Baca juga: Monaco tunjuk mantan bos Bayern Niko Kovac gantikan Moreno

Jelang babak pertama berakhir, Ruben Aguilar menambah keunggulan bagi Monaco. Menerima umpan silang Fado Ballo, ia memenangi duel udara dan memaksa kiper Bingourou Kamara memungut bola untuk kedua kalinya.

Tertinggal dua gol membuat pelatih Thierry Laurey langsung mengganti dua pemainnya yakni Majeed Waris dan Jean Bellegrade oleh Dimitri Lienard dan Mehdi Chahiri.

Pergantian itu langsung membuat Strasbourg memperkecil kedudukan menjadi 2-1 di awal babak kedua. Menerima asis Ludovic Ajorque, Mehdi Chahiri menyelesaikan dengan sontekan.

Baca juga: Dua gol Dolberg antarkan Nice hantam Strasbourg 2-0

Kedudukan 2-1 itu hanya bertahan delapan menit. Wissam Ben Yedder kembali mencatatkan namanya untuk kedua kali melalui skema satu dua dengan Kevin Volland.

Petaka bagi Monaco berawal saat menit ke-55, Aurelien Tchouameni mendapat kartu kuning kedua setelah menjegal Alexander Djiku. 12 menit kemudian giliran Axel Disasi yang harus mengikuti langkah Aurelien. Axel menjatuhkan Ludovic Ajorque di dalam kotak penalti dan langsung diganjar kartu merah.

Ludovic yang mengambil tendangan penalti sukses memperkecil kedudukan menjadi 3-2. Sadar akan permainan pincang di lini belakang, Niko Kovac mengganti dua pemain sekaligus untuk bertahan total.

Strategi itu berjalan dengan sukses dan Monaco mampu menahan serangan bertubi-tubi Strasbourg hingga peluit akhir dibunyikan. Monaco menang 3-2 atas Strasbourg.

Baca juga: Strasbourg, Montpellier naik peringkat setelah tekuk lawan-lawannya
Baca juga: Klasemen Liga Prancis: Saint-Etienne ke puncak lagi, PSG mulai naik


Berikut susunan pemain:
AS Monaco (4-3-3): Benjamin Lecomte; Ruben Aguilar, Axel Disasi, Benoit Badiashile, Fode Ballo; Youssouf Fofana (Sofiane Diop), Cesc Fabregas (Giulian Biancone), Aurelien Thcouameni; Wissam Ben Yedder (Chrislain Matsima), Kevin Volland, Stevan Jovetic (Eliot Matazo).
Pelatih: Nico Kovac

Strasbourg (4-1-2-1-2): Bingourou Kamara; Lionel Carole, Stefan Mitrovic, Kenny Lala, Mohamed Simakan; Alexander Djiku (Sanjin Prcic); Ibrahima Sissoko (Kevin Zohi), Jean Bellegarde (Mehdi Chahiri); Adrien Thomasson (idriss Saadi); Ludovic Ajorque, Abdul Waris (Dimitri Lienard).
Pelatih: Thierry Laurey

Baca juga: Gol menit akhir Sanson selamatkan Marseille dari kekalahan lawan Metz
Baca juga: Rennes ambil alih puncak seusai taklukan Saint-Etienne 3-0

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020