Jakarta (ANTARA) - Pembayaran parkir menggunakan cara non tunai kini sudah bisa digunakan pada aplikasi DANA yang bekerja sama dengan aplikasi Parkee guna menghadirkan solusi bagi mereka yang menginginkan pembayaran parkir secara mudah dan aman dari sentuhan pihak lain.

"kita melihat adanya pandemi ini dan menjadikan betapa pentingnya pembayaran parkir secara contactless dengan itu kita menghadirkan cara pembayaran yang setidaknya dapat bisa menghentikan penyebaran virus yang saat ini sedang dikhawatirkan banyak pihak," ungkap chief executive officer (CEO) DANA, Vince Iswara dalam video conference, Rabu.

Di masa pandemi seperti saat ini, sebagian masyarakat banyak juga yang masih harus tetap ke kantor untuk bekerja. Selain itu, masyarakat juga tetap pergi ke mal atau supermarket untuk berbelanja kebutuhan hidup.

"Adanya fitur pembayaran parkir di aplikasi DANA yang terwujud berkat sinergi dengan Parkee akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran parkir di gedung-gedung perkantoran, rumah sakit, mal maupun hotel," kata dia.

Parkee yang merupakan platform digital dan memiliki fungsi serta layanan sebagai pencarian parkir yang tersedia dan juga pembayaran parkir cashless kini bekerjasama dengan DANA yang bisa langsung dinikmati oleh pada para pengguna DANA.

Baca juga: Transaksi DANA naik sejak pandemi

Baca juga: Terintegrasi dengan kartu perbankan, DANA jamin keamanan data


Langkah kolaborasi ini adalah sebagai dukungan terhadap transformasi pembayaran secara digital yang saat ini sedang digaungkan oleh pemerintah kepada masyarakat.

"Kerja sama ini sebagai kerjasama yang spesial dari DANA ditujukan untuk supaya dapat membantu transformasi ke ekosistem digital lebih cepat," kata dia.

CEO dan Co-founder Parkee, Wilson Sumanang dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa kerjasama yang dilakukan bersama dengan DANA ini, bertujuan agar lebih memudahkan para pengendara terlebih pengendara roda dua yang mungkin tidak memiliki atau membawa uang elektronik untuk keperluan pembayaran non tunai.

"Tujuan kami melakukan kolaborasi dengan DANA ini untuk membantu pengguna sehingga tidak mengeluarkan uang untuk melakukan pembayaran parkir secara tunai, pembayaran juga cukup mudah hanya tinggal membuka aplikasi DANA dan tinggal bayar dengan cara scan barcode," imbuh dia.

Saat ini, Parkee yang sudah melayani lebih dari 200.000 pengguna dan sudah lebih dari 900.000 transaksi ini percaya diri bahwa dengan melakukan kerjasama ini akan dapat meningkatkan jumlah penggunanya.

"Kita targetkan itu sekitar 1 juta transaksi dalam 1 tahun atau lebih," kata dia.

Untuk memanfaatkan fitur pembayaran parkir ini caranya cukup mudah. Pengguna DANA tinggal memindai tiket parkir menggunakan aplikasi DANA. Selanjutnya lakukan konfirmasi dan bayar.

Begitu transaksi berhasil, pengguna akan mendapat notifikasi yang akan mengingatkan mereka untuk meninggalkan gedung atau area parkir sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Pengguna juga akan menerima informasi serupa 15 menit sebelum berakhirnya waktu parkir. Adapun detail transaksi akan diinformasikan ketika pengguna sudah meninggalkan gedung atau area parkir.

Untuk saat ini, pengguna DANA baru bisa menggunakan fitur pembayaran parkir ini di 200 lokasi yang tersebar di Indonesia.

Baca juga: Konsultasi ke dokter kini bisa lewat aplikasi DANA

Baca juga: Lima aplikasi untuk bayar zakat online

Baca juga: Aplikasi Dana sasar Kota Kupang

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020