LPDB-KUMKM terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia, dan eLPDB adalah salah satu langkah konkret dalam mewujudkan hal itu
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) memberikan kemudahan akses ke dana bergulir bagi koperasi dengan meluncurkan aplikasi mobile eLPDB.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menjelaskan, aplikasi mobile eLPDB dirancang untuk menjadi sarana penghubung inovatif antara LPDB-KUMKM, calon mitra, dan mitra yang bertujuan mendorong transformasi digital di bidang pembiayaan.

"Ini adalah bagian dari upaya kami untuk terus menjalani transformasi digital yang bertujuan memberikan layanan yang lebih efisien dan transparan," ujarnya di Jakarta, Rabu

Menurut dia, aplikasi mobile eLPDB menyediakan fasilitas yang memungkinkan penyampaian informasi yang aman, akurat, real time dan andal sebagai langkah krusial dalam mendukung penyaluran atau pembiayaan dana bergulir kepada koperasi.

Melalui eLPDB, tambahnya, dapat terbentuk sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien sehingga memperlancar transaksi dan layanan antara LPDB-KUMKM dengan mitra atau calon mitra.

Aplikasi eLPDB dapat diunduh dan digunakan oleh mitra atau yang berencana untuk menjadi mitra LPDB-KUMKM. Aplikasi ini memudahkan pemantauan atau tracking status proposal pinjaman atau pembiayaan dana bergulir yang diajukan oleh mitra maupun calon mitra.

"LPDB-KUMKM terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Indonesia, dan eLPDB adalah salah satu langkah konkret dalam mewujudkan hal itu," ujar Supomo dalam keterangannya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha Jarot Wahyu Wibowo menambahkan LPDB-KUMKM telah melalukan serangkaian transformasi digital yang memberikan kemudahan, fleksibilitas, dan akuntabilitas dalam bisnis proses penyaluran dana bergulir.

"LPDB-KUMKM akan terus memberikan kemudahan kemudahan bagi para mitra maupun calon mitra yang akan mengajukan pembiayaan dana bergulir," katanya.

Beberapa transformasi digital yang telah dilakukan oleh LPDB-KUMKM diantaranya e-proposal yang memberikan kemudahan kepada mitra ataupun calon mitra dalam melakukan proses pengajuan proposal pembiayaan atau pinjaman kepada LPDB-KUMKM.

Kemudian aplikasi Ridi atau Room of Incubation Development Over Internet (RiDi) yang merupakan aplikasi program Inkubator Wirausaha LPDB-KUMKM.

Baca juga: LPDB-KUMKM telah salurkan dana bergulir Rp1,24 triliun hingga Oktober

Baca juga: LPDB-KUMKM tingkatkan penyaluran dana ke koperasi sektor riil di 2023

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023