Mamuju (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudyono (SBY) membantu sekitar 200.000 bibit pohon trembesi kepada Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), kata Kepala Seksi Reboisasi dan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Mamuju, Syamsul Bahri di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ada di wilayah Kabupaten Mamuju, Pemerintah Pusat melalui Presiden memberikan daerah ini bantuan sekitar 200.000 bibit pohon trembesi.

Menurut dia, bantuan bibit trembesi dari Presiden tersebut merupakan bantuan bibit yang diberikan melalui program satu miliar pohon yang dicanangkan Pemerintah Pusat untuk penghijauan hutan yang gundul dan lahan kritis di negara ini.

Ia mengatakan, Provinsi Sulbar yang memiliki lima kabupaten diberikan sekitar satu juta pohon trembesi, sehingga di Kabupaten Mamuju ini mendapatkan bibit pohon trembesi sekitar 200.000 bibit pohon trembesi tersebut.

"Pemberian bantuan bibit untuk program rehabilitasi hutan dan lahan di wilayah ini merupakan bantuan yang bersumber dari dana APBN Pemerintah Pusat, yang bersifat langsung dalam bentuk pohon," katanya.

Ia berharap dengan bantuan pohon tersebut dapat mengubah kembali luas hutan yang kritis di wilayah ini yang luasnya sekitar 65,144 hektare didalam kawasan hutan, seperti hutan produksi konversi, hutan lindung dan sekitar 17,758 hektare di luar kawasan hutan yakni di areal perkebunan masyarakat.

(KR-MFH/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010