Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Ramli mengatakan bangsa Indonesia saat ini membutuhkan transformasi tata nilai.

"Kita saat ini tak bicara lagi reformasi, tetapi transformasi yang harus didorong oleh tokoh-tokoh muda," kata mantan Menko Bidang Perekonomian Rizal Ramli dalam peluncuran buku Indra J. Piliang di Jakarta, Jumat malam.

Dalam acara tersebut Indra J. Piliang meluncurkan dua buku, yakni "Mengalir Meniti Ombak: Memoar Kritis Tiga Kekalahan" dan "Bouraq-Singa Kontra Garuda: Pengaruh Sistem Lambang dalam Separatisme GAM terhadap RI".

"Kenapa perlu transformasi tata nilai yang baik?" kata Rizal, "karena bangsa ini sedang dalam posisi terkungkung dalam budaya korup."

"Saat ini tata nilai kita korup. Anak-anak muda harus mulai memperjuangkan transformasi tata nilai baru," kata Rizal.

Rizal yakin hanya anak-anak muda yang bisa melakukan transformasi tata nilai baru tersebut.

Dalam pidatonya Rizal merasa yakin demokrasi akan mempunyai arti bagi masyarakat. Menurut Rizal jika demokrasi tak ada artinya bagi rakyat, untuk apa demokrasi.

"Saya percaya demokrasi harus mempunyai arti bagi rakyat. Tapi itu tak mungkin jika demokrasi dimulai dengan komersialisasi seperti sekarang ini," kata Rizal.
(J004/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010