Samarinda (ANTARA News) - Tim Persisam Putra Samarinda berhasil mengalahkan Bontang FC 1-0 pada babak penyisihan grup G piala Indonesia grup G di stadion segiri Samarinda, Jumat.

Gol semata wayang yang mengantarkan kemenangan tuan rumah di ciptakan oleh Irsyad Aras pada menit 57.

Irsyad berhasil melesakkan golnya, melalui tendangan kaki kanan memanfatkan umpan Syaful Lewanusa.

Kedua tim awalnya memang tidak punya target khusus di Piala Indonesia ini. Hal ini sangat nampak dengan banyaknya rotasi pemain di kedua tim.

Pasalnya kedua tim sama-sama sedang berjuang agar bisa terhindar dari zona degradasi Indonesia Super Liga (ISL) musim ini.

Pada babak pertama pertandingan berjalan dalam tempo sedang, meski sekali-kali kedua tim bisa menciptakan beberapa peluang.

Memasuki babak kedua, tempo permainan sudah mulai meningkat dengan strategi baru yang diterapkan pelatih kedua tim yakni dengan memasukan beberapa pemain intinya.

Dalam tim Persisam masuk, Danilo Fernando menggantikan

Gantar Khan dan. M Robby menggantikan Sonny Kurniawan.

Sedangkan di tubuh Bontang FC masuk Fadil Sausu menggantikan Ravel Ohee dan Cornelis Geddy mengantikan Arifky Eka Putra.

Masuknya Danilo rupanya menjadi kunci kemenangan tuan rumah, melalui aksinya melepaskan diri dari kawalan pemain bertahan Bontang FC, Danilo berhasil mengirimkan umpan crosing yang di teruskan umpan balik oleh Saypul kepada Irsyad Aras yang berdiri bebas di depan gawang Bontang FC.

Dengan mudahnya Irsyad melesakan bola kejala Bontang FC

yang dikawal oleh Ade Mochtar yang sudah salah mengantisipasi pergerakan bola.

Ketinggalan satu gol, Bontang FC berupaya menyamakan kedudukan sayangnya peluang terbaik mereka disia-siakan oleh Kiguchi.

Tendangan gelandang asal Jepang yang sudah berdiri bebas di depan gawang Persisam itu, masih melambung di atas mistar gawang.

Kedudukan 1-0 untuk tuan rumah berakhir hingga wasit Iis Isa Permana dari Bandung meniup peluit panjang, tanda pertandingan berakhir.

Usai laga, Fachry Husaini pelatih Bontang FC mengatakan pemain kehilangan kosentrasi untuk mengawal pemain lawan sehingga gol terjadi.

"Ya, saya juga tidak tahu, kenapa pemain tampil buruk hari ini, mereka lepas kosentrasi dalam penjagaan terhadap pemain lawan," terang Fachry.

Ia menepis bahwa pada piala Indonesia ini tim Bontang FC tidak ada target untuk meraih hasil sempurna.

"Semuanya ada target, meski kami juga melakukan rotasi pemain, pada saat uji coba saja kita juga bermain serius," terang Fachry.

Sementara itu Blitz Tarigan, Asisten pelatih persisam mengaku puas dengan hasil kemenangan itu, Dan kemenangan ini menurut dia merupakan modal awal yang bagus menuju putaran berikutnya.

Susunan Pemain:

-Persisam Putra: Wawan Hendrawan (g), Tsimi Jaquest Joel, Panggah, Syapul, (Sonny Kurniawan/ M Robby,78`),(Akbar Rasyid/Achmad Sembiring,65`),, Irsyad Aras,( Gantar Khan/ Danilo Fernando 45`, Abdi Gusti, Zaenal Arief, Pipat Tonkaya.

-Bontang FC: Ade Moctar (g), Patricio Jimenez, Marcelino Mandagi, Anda Hermawan, Kan Kikuchi, Sardianata, Ali Khaddafi, (Arifki Eka Putra/Cornelis Geddy,45`),( M Irdan/fadil Sausu,45`),(Ravel Ohee/ Satria Feri,71`), M Bachtiar.

(T.KR-RMT/T009/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010