Surabaya (ANTARA News) - Putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Eddie Baskoro Yudhoyono, mempertanyakan dukungan ketua DPC Partai Demokrat seJawa Timur kepada Andi Mallarangeng yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

"Kami ingin tahu, sejauh mana komitmen pengurus DPC di Jatim ini dalam mendukung AM (Andi Mallarangeng)," kata pria yang akrab disapa Ibas ini dalam deklarasi dukungan tehadap Andi Mallarangeng di Surabaya, Sabtu.

Setelah berbicara sejenak, Ibas yang duduk berdampingan dengan Andi Mallarangeng memanggil satu per satu nama ketua DPC Partai Demokrat se-Jatim.

Pertama kali yang dipanggil adalah Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pacitan.

"Kebetulan nama Pacitan berada paling atas dalam daftar ini, jadi kami sebut yang pertama," katanya memulai membacakan satu per satu DPC.

Ketua DPC Pacitan pun menyatakan kesiapannya mendukung Andi dalam Kongres Partai Demokrat di Bandung, Jawa Barat, Mei mendatang.

Pada saat Ibas memanggil Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tulungagung Sutrimo, yang bersangkutan tidak hadir.

"Saya mewakili Bapak Ketua," kata seorang pria yang mengenakan baju batik dan menjabat Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Tulungagung berdiri dari kursinya.

Eddie terlihat tidak bisa menerima alasan ketidakhadiran ketua yang disampaikan sang sekretaris itu. "Tolong, sampaikan salam saya, kenapa tidak hadir dalam forum ini," ucapnya.

Selain Kabupaten Tulungagung, beberapa DPC Partai Demokrat yang ketuanya tidak hadir, diantaranya Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Banyuwangi.

Uniknya, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pasuruan Agus Romli yang sebelumnya menjadi salah satu deklarator pendukung calon Ketua Umum Partai Demokrat lainnya, Anas Urbaningrum, hadir dalam deklarasi pendukung Andi Mallarangeng.

Romli pun diminta untuk menyatakan dukungannya kepada Andi Mallarangeng. "Siap mendukung AM," katanya disambut tepuk tangan pengurus partai itu yang memenuhi ruang pertemuan di sebuah hotel di kawasan Jalan Tunjungan Surabaya.

"Tolong Pak Ibnu (Ibnu Hadjar, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim), Jatim ini jangan dikotak-kotakkan. Jangan ada lagi kawasan Tapal Kuda, Mataraman, atau lainnya, Jatim sebagai daerah kelahiran Bapak SBY harus bersatu dalam memberikan dukungan untuk AM. Perintahkan mereka kembali ke jalan yang benar," tegas Ibas.

Ia juga meminta DPD Partai Demokrat untuk terus melakukan sosialisasi mengenai visi dan misi Andi Mallarangeng.

"Bukan hanya Mas Anas yang berasal dari Jatim. Bapak SBY pendiri Partai Demokrat juga berasal dari Jatim," ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.

Saat memberikan sambutan pembukaan deklarasi, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Ibnu Hadjar berjanji untuk mendatangi DPC-DPC yang tidak hadir dalam acara itu.

"Menurut catatan kami, yang mendukung AM sudah 30 DPC. Yang lain akan kami datangi satu per satu," kata purnawirawan TNI berpangkat brigadir jenderal itu seraya menyebutkan, jumlah DPC kabupaten/kota di Jatim sebanyak 38.

Dibandingkan dengan peserta yang hadir dalam deklarasi dukungan untuk Anas Urbaningrum di Surabaya, Selasa (13/4) lalu, jumlah peserta yang hadir dalam deklarasi dukungan untuk Andi Mallarangeng, Sabtu sore lebih sedikit.

Hanya saja, deklarasi dukungan untuk Andi dihadiri banyak pengurus teras DPD Partai Demokrat Jatim dan DPC-DPC kabupaten/kota.

Nachrowi Ramli, Ketua Tim Pemenangan AM, menyatakan deklarasi serupa telah dilakukan di Manado untuk DPC-DPC di Sulawesi Utara, Makassar (Sulsel), Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Palembang (Sumsel), Balikpapan (Kaltim), dan Solo (Jateng).

"Minggu (18/4) kami akan menggelar deklarasi di Denpasar. Di sana akan kumpul pengurus Demokrat dari NTT, NTB, Papua, dan Papua Barat," papar Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta itu.

Ia mengklaim, sampai saat ini Andi Mallarangeng telah memperoleh dukungan tertulis sekitar 72 persen dari seluruh DPC di Indonesia.(*)

M038/C004

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010