Jakarta (ANTARA News) - Presiden Barack Obama memberikan "pekerjaan rumah" kepada pekerja-pekerja NASA di Florida pada Kamis, dengan meminta mereka meninggalkan rencana untuk kembali ke bulan dan mengalihkannya kunjungannya ke asteroid, Mars, dan banyak misi robot.

Mengunjungi asteroid terdekat akan menjadi langkah kecil berdampak besar.

Asteroid tidak hanya mengajarkan ilmuwan bagaimana planet terbentuk, tetapi juga berisi beberapa elemen awal terbentuknya tata surya, menurut laporan Reuters.

Mempelajari asteroid akan membantu NASA memahami bagaimana menghentikan mereka jika diperlukan.

Program Obyek Dekat Bumi NASA mengidentifikasi ada lebih dari 1.000 "asteroid berpotensi berbahaya". Tidak ada yang mengarah ke Bumi, tetapi asteroid pernah memukul bumi dan salah satu yang melenyapkan dinosaurus 65 juta tahun lalu.

Kadang-kadang mereka datang sangat dekat, pada Maret 2009 sebuah asteroid melewati bumi pada jarak hanya sekitar 49.000 mil.

Pada Oktober, sebuah panel bentukan pemerintah yang dipimpin oleh mantan kepala Norm Agustinus, Lockheed Martin, merekomendasikan sebuah perjalanan ke asteroid bukannya bulan. Lockheed membangun pesawat ruang angkasa Orion NASA.

NASA telah mengirimkan pesawat luar angkasa ke asteroid. Pada Februari 2001, pesawat ruang angkasa dikendalikan NEAR mendarat di asteroid Eros, sebagai latihan pendaratan di sebuah benda bergerak di ruang angkasa juga untuk mempelajari make-up dari asteroid.

(Adm/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010