Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Finlandia Matti Vanhanen membahas mengenai peluang kerja sama di bidang kehutanan.

"Kami juga membahas kerja sama di bidang kehutanan, diketahui bahwa Finlandia memiliki pengalaman dan keahlian di dalam pengelolaan hutan," kata Presiden dalam jumpa pers bersama PM Finlandia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, lanjut Presiden, kerja sama di wilayah itu sesuai dengan komitmen bersama menghadapi perubahan iklim, sambil pula memastikan bahwa hutan terus terpelihara dengan baik.

Kedua negara, menurut Presiden, sepakat untuk terus menjalin kerja sama global agar tercapai kerja sama yang efektif untuk menghadapi perubahan iklim.

Sementara itu, PM Finlandia mengatakan bahwa bagi Finlandia hutan adalah komponen yang penting karena 70 persen wilayahnya adalah hutan.

Finlandia, lanjut dia, berusaha menyeimbangkan pertumbuhan dan pemanfaatan hutan.

Menurut dia, Indonesia memiliki potensi besar di bidang kehutanan.

Kerja sama Indonesia-Finlandia di bidang kehutanan sudah dimulai sejak 1981 melalui proyek kerja sama "Forestry Hand Tools Study".

Dalam rangka peningkatan kerja sama di bidang kehutanan antara Indonesia dan Finlandia maka dibentuk komisi bersama yang ditindaklanjuti dengan pembentukan Kelompok Kerja Bidang Kehutanan (WGFFI) yang melakukan pertemuan dua tahun sekali.

Pada Januari 2010 akan dilaksanakan pertemuan dengan tim kementerian luar negeri Finlandia yang membahas materi dukungan Finlandia terhadap sektor kehutanan dan kehutanan terkait perubahan iklim.

Pihak Finlandia juga menyampaikan keinginannya untuk ikut terlibat dalam proyek Kalimantan Forests and Climate Partnership (KFCP) di Kalimantan Tengah yang sedang dilaksanakan oleh Australia.

PM Finlandia melakukan kunjungan ke Indonesia, 26-28 April, untuk memenuhi undangan lisan Presiden Yudhoyono yang disampaikan saat kunjungan kenegaraan Presiden Yudhoyono ke Finlandia, 12 September 2006.

Selain pertemuan dengan Kepala Negara, PM Vanhanen dalam kunjungan ke Indonesia juga melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata serta melakukan pertemuan dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Kepala BKPM Gita Wirjawan, Ketua DPR Marzuki Ali dan Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan.

Indonesia dan Finlandia memiliki hubungan dan kerja sama yang erat di bidang politik, ekonomi, perdagangan dan sosial budaya.

Pada akhir tahun 1980-an telah dibentuk Komisi Bersama Indonesia-Finlandia yang memayungi berbagai kerja sama di bidang kehutanan, perdagangan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hubungan baik kedua negara ditandai pula oleh beberapa kunjungan yang telah dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir, antara lain kunjungan kenegaraan Presiden Finlandia saat itu Martti Ahtisaari ke Indonesia pada 2005, kunjungan Presiden Yudhoyono ke Finlandia dalam rangka KTT ASEM pada 2006 dan kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Finlandia pada 2006.

(T.G003*D013/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010