Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti merekomendasikan lima pantai terindah di tanah air.

"Saya belum pernah kasih tahu informasi ini ke siapa-siapa! Yang kenal saya pasti tahu saya gemar mengunjungi pantai-pantai ini. Selain pantai-pantai ini belum diketahui banyak orang, tapi destinasi ini memiliki arti khusus di hati," ujar Susi dalam rilis resmi tiket.com, Jumat.

Baca juga: Susi Pudjiastuti akan berbagi kisah dengan Mike Tyson

Baca juga: Ada wajah Jokowi dan Susi Pudjiastuti di pekan mode New York


Berikut adalah lima pantai terindah di tanah air versi Susi Pudjiastuti.

Pangandaran, Jawa Barat

Suasana Pantai Batu Karas di laut selatan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. (ANTARA/Feri Purnama)

Kampung halaman Susi menyimpan segudang memori indah. Beberapa pantai yang direkomendasikan adalah Pantai Batu Karas di Cijulang, Pantai Batu Hiu di Parigi, dan Pantai Keusik Luhur di Sidamulih. Penduduk Pangandaran pasti merekomendasikan pantai-pantai ini untuk melepas stres sembari menikmati karya alam pemandangan yang spektakuler.

Kepulauan Kei, Maluku
Berada di bagian utara provinsi Maluku, Kepulauan Kei adalah salah satu pulau hidden gem di bumi nusantara. Menyimpan sejuta pesona, belum banyak turis yang datang ke kawasan terpencil ini sehingga masih sangat bersih. Terdiri dari Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil, Anda dapat menikmati pemandangan hamparan langit cerah dan lautan biru damai dengan pasir putih halus.

Baca juga: Susi Pudjiastuti suarakan pemberantasan illegal fishing sejak 2005

Baca juga: Kemenko Marves: Investasi Susi Pudjiastuti belum untungkan negara


Pantai Koka, Nusa Tenggara Timur
Kemungkinan turis bertemu dengan turis lain sangat minim, kecuali warga setempat. Di pantai ini terdapat dua pantai yang sama-sama cantik, terpisahkan oleh sebuah tebing kecil di tengahnya sehingga menambah pesona dramatis untuk indera visual.

Pulau Misool, Papua Barat

Destinasi wisata misool Raja Ampat (Foto Antara Papua Barat / Ernes Kakisina)

Salah satu dari empat pulau utama di Raja Ampat yang tersohor di seluruh dunia, Pulau Misool dikelilingi air laut jernih hingga 30 meter di bawah permukaan laut. Berbagai spot menarik di Pulau Misool adalah Goa Keramat, Goa Tengkorak, Telapak Tangan Sumbayo, Puncak Harfat, Yapap, Danau Ubur-Ubur, Pantai Namlol, Puncak Balbulol, dan yang paling indah adalah Karawapop atau yang biasa disebut dengan Telaga Love.

Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur

Pulau Sangalaki (Helda Mildiana/ANTARA)

Kalimantan Timur mungkin terkenal dengan Pulau Derawan, tapi tidak hanya itu saja, Pulau Sangalaki memiliki dunia bawah laut yang menawan. Terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, panorama bawah laut pulau ini banyak mengundang para penyelam dari seluruh dunia.

Beberapa titik bawah laut menakjubkan adalah Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue, Eel Ridge, Lighthouse, dan The Rockies.


Baca juga: Daftar tempat ikonis di Jakarta yang wajib dikunjungi

Baca juga: Dispar terapkan sistem daftar daring masuk TN Komodo

Baca juga: Ini daftar tempat wisata-hiburan DKI yang ditutup karena COVID-19

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020