Bursa Australia dibuka menguat, terkerek saham bank besar dan energi

Bursa Australia dibuka menguat, terkerek saham bank besar dan energi

Dokumentasi - Seorang investor berjalan melewati monitor yang memperlihatkan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) di Sydney, Australia, Senin (27/6/2016). ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Kombinasi optimisme vaksin, ketakutan yang lebih rendah seputar gangguan politik dan pencalonan pilihan yang aman dan diketahui untuk Menteri Keuangan AS memicu prospek optimis untuk 2021
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Rabu pagi, dengan saham bank-bank besar dan energi memimpin kenaikan.

Pada pukul 11.00 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 terangkat 53,90 poin atau 0,81 persen menjadi 6.698,00 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 45,80 poin atau 0,67 persen menjadi 6.901,30 poin.

"Dow Jones Industrial Average diperdagangkan di atas 30.000 untuk pertama kalinya saat pasar saham global melonjak semalam," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Baca juga: Wall Street melambung tinggi, Indeks Dow Jones menembus angka 30.000

"Kombinasi optimisme vaksin, ketakutan yang lebih rendah seputar gangguan politik dan pencalonan pilihan yang aman dan diketahui untuk Menteri Keuangan AS memicu prospek optimis untuk 2021."

Perkembangan yang menjanjikan dari vaksin COVID-19 yang efektif memberi investor alasan untuk prospek melewati tingkat infeksi yang tinggi di AS dan Eropa.

Sementara itu pengakuan Joe Biden sebagai Presiden terpilih AS oleh Administrasi Layanan Umum dan pemilihan mantan ketua Federal Reserve (Fed) AS Janet Yellen untuk Menteri Keuangan meningkatkan kepastian pasar.

Baca juga: Dolar AS jatuh, selera risiko investor naik saat transisi Trump-Biden

Di bursa lokal, saham energi dan keuangan berkinerja lebih baik, masing-masing melonjak 2,40 persen dan 1,60 persen.

Di bidang keuangan, bank-bank besar melonjak dengan Commonwealth Bank naik 1,96 persen, National Australia Bank naik 1,97 persen, Westpac Bank naik 2,25 persen dan ANZ naik 1,74 persen.

Saham-saham pertambangan melonjak dengan BHP naik 1,67 persen, Rio Tinto naik 0,70 persen, Fortescue Metals naik 1,11 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,68 persen.

Baca juga: Harga minyak melonjak tertinggi sejak Maret, ditopang vaksin dan Biden

Produsen-produsen minyak dan gas menguat dengan Oil Search naik 0,40 persen, Santos naik 2,52 persen dan Woodside Petroleum naik 2,94 persen.

Supermarket terbesar Australia bertambah dengan Coles naik 0,17 persen, dan Woolworths naik 0,79 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra merosot 0,16 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas melonjak 2,51 persen dan perusahaan biomedis CSL tergelincir 0,40 persen.

Baca juga: Harga emas anjlok lagi, investor berburu aset berisiko

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penutupan perdagangan, ini capaian BEI sepanjang 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar