Canness, Prancis (ANTARA News) - Festival film Cannes dimulai Rabu dengan penayangan "Robin Hood", yang dibintangi oleh Russel Crowe dan Cate Blanchett serta disutradarai oleh Ridle Scott.

Crowe tampil sebagai Robin Hood mengikuti jejak beberapa bintang Hollywood bermain sebagai pemanah yang merampok orang kaya untuk diberikan kepada orang miskin itu, termasuk Errol Flynn, Douglas Fairbanks, Sean Connery dan Kevin Costner, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai festival film Cannes:

Fakta Seketika:

-- Festival film Canness, yang mulanya diterima pada 1939 sebagai pilihan bagi festival film yang saat itu dipengaruhi faham Fasis, Venice, telah diselenggarakan setiap tahun sejak 1946, tapi tidak pada 1948 dan 1950, ketika kekurangan dana mengakibatkan dibatalkannya acara itu.

-- Pada 1949 para bintang mulai berdatangan: Tyrone Powes, Orson Welles, Norma Shearer, Error Flynn dan Edward G. Robinson --semuanya hadir pada tahun itu. Brigitte Bardot untuk pertama kali muncul pada 1953.

-- Satu tahun kemudian, bintang muda Simone Silva melepaskan bagian atas bikininya di samping Robert Mitchum di hadapan sejumlah juru foto, sehingga menghasilkan liputan agak cabul yang mewarnai reputasi festival tersebut.

-- Pada 1960, Pasar Cannes pertama membuka pintunya bagi sebanyak 10 peserta dan satu layar kanvas yang tergantung dari atap bangunan tua Palais Crosette. Cannes dengan cepat menjadi tempat pertemuan utama bagi pembeli dan penjual dari seluruh dunia.

-- Pada 1968 sutradara film Louis Malle, yang tahun itu menjadi juri bersama Roman Polanski dan lain-lain, adalah salah satu kelompok pembuat film yang memaksa festival tersebut ditutup di tengah aksi perlawanan pekerja dan mahasiswa di seluruh Prancis. Setelah perdebatan sepanjang malam yang ditandai dengan kemarahan yang meluap-luap dan kadangkala baku-hantam, penyelenggara menghentikan acara itu.

-- Jane Campion menjadi perempuan sutradara pertama yang meraih Palme d`Or pada 1993 untuk filmnya "The Piano".

-- Pada 1997 "Plame des Palmes" --versi super dari hadiah film terbaik Palme d`Or-- dihadiahkan kepada Ingmar Bergman dalam festival ke-50. Sutradara Swedia tersebut tidak hadir.

-- Pada 2004, klas-master para aktro (Lecon d`acteur) dibentuk dan diresmikan oleh Max Von Sydow.

Apa yang terjadi tahun lalu:

-- Sutradara Austria Michael Haneke meraih Palme d`Or di Cannes untuk film "The White Ribbon", yang bercerita mengenai eksplorasi mengerikan mengenai akar teror Nazi.

-- Satu film lain yang terkenal "A Prophet", drama penjara kuat oleh sutradara Prancis Jacques Audiard menerima hadiah runner-up.

-- Hadiah aktor terbaik jatuh pada aktor Austria Christoph Waltz buat peran cemerlangnya sebagai seorang perwira SS dalam Perang Dunia II di Qunetin Tarantino dalam film "Inglourious Basterds", yang juga dibintangi oleh Brad Pitt.

-- Aktris Prancis Charlotte Gainsbourg, yang bermain sebagai seorang ibu yang berduka karena kematian putranya di dalam film kontroversial arahan sutradara Denmark Lars von Trier "Antichrist" dan terlibat di dalam peran yang paling mengejutkan, dianugrahi aktris terbaik.
(C003/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010