Lima panduan membuat ruangan belajar anak yang menyenangkan

Lima panduan membuat ruangan belajar anak yang menyenangkan

Meja belajar anak (HO/IKEA)

Jakarta (ANTARA) - Meski tahun depan anak-anak bisa kembali bersekolah secara tatap muka, ada kalanya buah hati juga tetap harus belajar dari rumah secara daring ketika sistem rotasi diberlakukan.

Menurut psikolog anak Anastasia Satriyo, penerapan sistem pembelajaran jarak jauh sejak awal pandemi berdampak pada kesehatan mental anak. Salah satu dampak yang sering dikeluhkan orang tua adalah anak-anak menjadi lebih sulit diatur, khususnya ketika mereka sedang sekolah daring. Survei MDR education, sebuah lembaga konsultan pendidikan di Amerika Serikat, terhadap 1600 guru menyatakan 94 persen dari responden setuju bahwa ruang belajar memengaruhi proses pembelajaran.

Jika Si Kecil sudah mulai bosan untuk sekolah daring, pengasuh di rumah dapat mulai mengeksplorasi cara menciptakan suasana menyenangkan lewat ruang belajar. Berikut panduan yang bisa diterapkan untuk membuat ruang belajar yang aman dan menyenangkan di rumah, seperti dikutip dari siaran resmi Ikea, Minggu.

Baca juga: Adaptasi kebiasaan baru, sulap teras rumah jadi lokasi "Instagramable"

Baca juga: Tips menanam tanaman rempah di rumah


Cari pencahayaan yang tepat
Kualitas pencahayaan menjadi salah satu hal terpenting bagi ruang belajar. Sistem pencahayaan yang tepat dapat mendukung suasana dan motivasi belajar. Untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat, pilih ruangan dengan jendela yang luas atau tambahkan lampu di meja belajar dan area yang gelap seperti pojok ruangan.

Siapkan ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik
Sirkulasi udara yang baik dapat membuat ruang belajar menjadi lebih nyaman, juga berguna untuk menghindari Si Kecil dari virus dan jamur. Adanya ventilasi berguna bagi anak karena otak membutuhkan asupan oksigen yang cukup agar bisa digunakan dengan optimal. Berdasarkan penelitian, menghirup udara segar dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Hal ini tentunya mendukung buah hati untuk lebih fokus belajar.
 
Ruang belajar anak (HO/IKEA)


Pilih lokasi ruangan yang strategis
Jangan khawatir kalau ruang di rumah terbatas, Pengasuh bisa menggunakan sedikit tempat di ruang tamu atau dapur untuk dijadikan ruang belajar Si Kecil. Pilih lokasi ruangan yang strategis yang dapat memudahkan pengasuh beraktivitas sambil mengawasi anak yang sedang belajar dan bermain.

Lengkapi ruangan dengan dekorasi unik dan menarik perhatian anak
Agar anak betah berada di ruang belajar, pengasuh bisa menambahkan dekorasi unik sehingga dapat menarik perhatiannya. Beri cat dinding sesuai dengan warna kesukaannya. Anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan boneka hewan dan stiker dekorasi tumbuhan untuk menghadirkan suasana layaknya sedang berada di hutan. Tata meja belajar dengan rapi dan sediakan kebutuhannya di dalam satu wadah untuk memudahkan anak ketika mencari barang. Jangan lupa untuk tambah beberapa lukisan lucu dan buku dongeng. Dengan dekorasi yang unik, anak bisa lebih betah menghabiskan banyak waktu untuk belajar maupun bermain di dalam ruang belajar.

Gunakan perabot multifungsi yang aman
Agar ruangan tidak terasa sempit, Anda dapat menggunakan perabot multifungsi untuk mendukung kegiatan belajar dan bermain anak. Perhatikan juga material dan desain perabot yang digunakan untuk ruang belajar anak agar betul-betul aman.

Baca juga: Cara membuat tampilan kamar rumahan seperti kamar hotel

Baca juga: Kiat dekorasi rumah nyaman untuk "WFH"

Baca juga: Penjualan perabot rumah di Tokopedia meningkat

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mendorong promosi dan kreativitas furnitur Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar