Washington (ANTARA News/AFP) - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), Timothy Geithner, akan mengunjungi Eropa pekan depan untuk pembicaraan darurat, di tengah kekhawatiran bahwa krisis utang benua Eropa dapat mengancam pemulihan ekonomi global.

Para pejabat keuangan mengatakan bahwa Geithner akan mengunjungi Inggris dan Jerman pada Rabu dan Kamis depan, pemain utama pertemuan dalam pembentangan drama Eropa yang telah menghantui para investor di seluruh dunia, termasuk di AS.

"Geithner juga akan bertemu dengan para pejabat Eropa guna membicarakan situasi ekonomi di kawasan tersebut dan berbagai langkah yang harus diambil guna mengangkat kembali kepercayaan global serta stabilitas finansial serta mendorong pemulihan ekonomi secara berkelanjutan," tulis sebuah pernyataan.

Pengumuman itu muncul karena kekhawatiran seputar kegagalan Yunani yang berlanjut hingga merembet ke pasar-pasar AS, membantu Dow Jones Industrial Average turun 376 poin atau 3,6 persen pada Kamis.

Di Jerman, Geithner diperkirakan bertemu dengan Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble dan pimpinan Bank Sentral Eropa Jean Claude Trichet, ke duanya pemain kunci dalam suatu krisis yang dimulai di Yunani, tetapi saat ini mengancam beberapa eksistensi euro.

Selain itu Geithner juga diharapkan akan bertemu dengan Menteri Keuangan Inggris George Osborne di London.

Kunjungan tersebut dilakukan mengawali pertemuan Kelompok 20 (G20) di Toronto pada bulan depan yang kemungkinan akan fokus mengenai bagaimana kekuatan ekonomi dunia dapat menyerasikan regulasi finansial dan merespon krisis tersebut.
(Uu.S004/A023/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010