Jakarta (ANTARA) - Pejabat Olimpiade Tokyo, Rabu mengumumkan tim kreatif baru yang bakal bertanggung jawab mendesain ulang seremoni pembukaan dan penutupan Olimpiade tahun depan, yang sempat ditinjau ulang lagi untuk pengamanan COVID-19.

Tim kreatif baru ini dipimpin oleh Hiroshi Sasaki, yang sebelumnya merupakan salah satu dari tujuh direktur penanggung jawab seremoni pembukaan dan penutupan.

Sasaki mengatakan, timnya sekarang ini sedang merancang jadwal ketat guna mengubah rencana upacara secara "sederhana" saja.

"Kondisinya cukup sulit ... Tapi pada tahap ini, sejujurnya kemajuan belum bisa dibuat," kata Sasaki dalam konferensi pers dan dikutip dari Reuters.

Baca juga: 2020 tandai keputusan bersejarah penundaan Olimpiade Tokyo
Baca juga: Olimpiade Tokyo habiskan 900 juta dolar AS untuk tangani virus corona


Olimpiade yang semula dijadwalkan dimulai musim panas ini terpaksa ditunda satu tahun karena pandemi virus corona. Pandemi telah mengganggu kalender olahraga internasional.

Sejak itu, penyelenggara dan pejabat pemerintah setempat mencari cara untuk memangkas biaya, menyederhanakan Olimpiade dan melindungi para atlet serta penonton. Namun demikian, masih ada keraguan tentang kelayakan mengadakan acara global berskala besar karena pandemi masih terus berkecamuk.

Meskipun pihak yang merencanakan seremoni itu tidak menjelaskan secara rinci, Sasaki menggambarkan upacara tersebut sebagai kesempatan menunjukkan kepada dunia pesan "terobosan atau harapan" selama pandemi.

Pada Selasa, penyelenggara mengatakan bahwa mereka menghabiskan 900 juta dolar AS untuk langkah-langkah antisipasi menghentikan penyebaran virus corona di Olimpiade tahun depan.

Baca juga: Api Olimpiade dipastikan tetap mengunjungi setiap wilayah Jepang
Baca juga: Gubernur Tokyo tegaskan tak ada alasan Olimpiade dibatalkan
Baca juga: Sepertiga penduduk Jepang ingin Olimpiade Tokyo dibatalkan

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020