Liga Belanda

Brian Brobbey bantu Ajax atasi Willem II di Johan Cruijff

Brian Brobbey bantu Ajax atasi Willem II di Johan Cruijff

Pemain muda Ajax, Brian Brobbey, saat merayakan gol ke gawang Willem II bersama rekan setimnya, Sebastian Haller, dalam laga pekan ke-19 Liga Belanda di Stadion Johan Cruijff, Kamis (29/1/2021). (ANTARA/Pro Shots/Sipa USA via Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Pemain muda Ajax Brian Brobbey sukses mengantar timnya mengatasi Willem II 3-1 dalam laga penutup pekan ke-19 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Johan Cruijff pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Gol dari Brobbey itu melengkapi gol Davy Klaassen dan Dusan Tadic. Adapun gol balasan Willem II dibukukan Vangelis Pavlidis, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Atas hasil ini membuat Ajax mengoleksi 47 poin atau terpaut empat angka dari PSV Eindhoven di posisi kedua. Sementara Willem II tetap berada di zona degradasi dengan koleksi 10 poin.

Baca juga: Feyenoord dibuat tak berdaya di markas Heerenveen
Baca juga: Vitesse gagal kudeta Eindhoven setelah menyerah 1-4 kepada Venlo


Meski di atas kertas Ajax sangat diunggulkan, namun anak asuh Erik Ten Hag itu tak serta merta bisa leluasa menusuk langsung ke jantung pertahanan Willem II.

Bahkan Willem mampu menahan imbang 0-0 pada babak pertama meski Dusan Tadic dan kawan-kawan mendominasi penguasaan bola.

Peluang-peluang yang diciptakan Ajax pada babak pertama pun lebih banyak tercipta dari tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Tercatat enam percobaan tendangan dilepaskan namun masih belum membahayakan gawang Jorn Brondeel.

Pada babak kedua Ajax menarik Quincy Promes dan memasukkan Dusan Tadic agar lini tengah memiliki sejumlah variasi penyerangan. Hasil itu berjalan ampuh saat laga memasuki menit ke-61, Ajax sukses memecah kebuntuan lewat Davy Klaassen.

Hanya 10 menit berselang, Willem II yang hanya mengandalkan serangan balik mampu memaksa kedudukan kembali imbang 1-1. Lewat serangan balik, Vangelis Pavlidis mampu menyelesaikan umpan Che Nunnely.

Baca juga: Tren positif AZ Alkmaar terhenti di tangan FC Utrecht
Baca juga: PSV merangsek ke posisi kedua selepas menang di Emmen


Skor imbang 1-1 itu bertahan hingga menit ke-80 sebelum akhirnya Brian Brobbey yang baru masuk menggantikan Noussair Mazraoui hanya perlu satu menit untuk membawa Ajax kembali unggul.

Dusan Tadic kemudian melengkapi kemenangan Ajax menjadi 3-1 berkat golnya tiga menit jelang waktu normal berakhir. Sepakan Tadic menerima umpan Brobbey meluncur mulus ke gawang Jorn Brondeel.

Kedua tim akan memainkan pertandingan selanjutnya pada Minggu (31/1) saat Ajax bertandang ke markas AZ Alkmaar dan Willem II menjamu FC Emmen.

Baca juga: Feyenoord tumbang di tangan AZ Alkmaar
Baca juga: Pecundangi Fortuna Sittard, Ajax kembali perlebar jarak di puncak

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar