Liga Belanda

Gol penalti Steven Berghuis selamatkan Feyenoord dari kekalahan

Gol penalti Steven Berghuis selamatkan Feyenoord dari kekalahan

Ilustrasi (ANTARA/d'dn)

Jakarta (ANTARA) - Gol penalti kapten Feyenoord, Steven Berghuis, menyelamatkan timnya dari kekalahan kala bertandang ke markas FC Twente 2-2 dalam laga pekan ke-23 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion De Grolsch Veste, Minggu.

Feyenoord awalnya tertinggal dua gol lewat aksi Danilo dan Tyronne Ebuehi. Tim besutan Dick Advokaat itu lantas bangkit dan memperkecil kedudukan melalui Jens Toornstra. Berghuis kemudian memaksa kedudukan imbang saat Feyenoord mendapat hadiah penalti.

Atas hasil imbang ini Feyenoord tertahan di posisi empat dengan koleksi 42 poin dan gagal merapatkan jarak dengan AZ yang menghuni posisi ketiga.

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: Ajax kokoh di puncak, PSV terpeleset

Sementara bagi Twente, mereka juga tertahan di urutan delapan dengan koleksi 34 angka, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Di awal laga, Feyenoord harus dihukum penalti ketika Marcos Senesi melakukan pelanggaran terhadap Luciano Narsingh. Danilo yang menjadi eksekutor sukses mengonversinya menjadi gol.

Hanya berselang satu menit atau tepatnya pada menit ke-14, Twente menggandakan keunggulan berkat aksi sontekan Tyronne Ebuehi di depan mulut gawang Nick Marsman.

Baca juga: Feyenoord berpesta gol saat menjamu Willem II di De Kuip
Baca juga: Feyenoord kembali ke jalur kemenangan setelah bungkam PSV Eindhoven



Tertinggal dua gol membuat tim tamu tersulut untuk memperkecil kedudukan. 10 menit setelah gol kedua Twente, Jens Toornstra melepaskan sepakan keras dari luar kotak penati dan tak bisa dijangkau kiper Twente.

Memasuki babak kedua, Twente hampir saja membuat keadaan kembali menjauh jika saja sepakan Luciano Narsingh tidak terlalu lemah sehingga mudah diamankan Marsman.

Tyrell Malacia kemudian merespon serangan itu dengan melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun arahnya masih jauh dari sasaran.

Pada babak kedua ini kendali permainan berada di tangan tim tamu. Gempura-gempuran dilancarkan dari kedua sisi, tetapi belum bisa kembali menjebol gawang Twente.

Kerja keras mereka berbuah hasil saat mencoba melancarkan serangan balik cepat. Berawal dari umpan balik gelandang Twente, bola terlalu melebar dan saling dikejar Dario Dumic dan Luis Sinisterra. Sinisterra yang memenangi duel malah dijegal Dumic dari belakang sejingga wasit menunjuk titik putih.

Steven Berghuis yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang tersebut dan mampu mengelabui kiper Joel Drummel. Setelah gol penyama kedudukan itu, kedua tim silih berganti serangan namun hingga peluit panjang berbunyi skor 2-2 tetap bertahan.

Baca juga: Ajax kukuhkan posisi puncak seusai menang di kandang Heracles

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar