Jakarta (ANTARA) - Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan, dr. Rita Rogayah menekankan pentingnya meningkatkan deteksi dini hingga tata laksana kanker lebih lanjut untuk menurunkan angka kematian pasien sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka.

Demi tercapainya tujuan ini, diperlukan pendekatan komprehensif dari hulu ke hilir yang melibatkan multidisiplin ilmu termasuk gizi hingga onkologi.

"Pelayanan kanker harus dilakukan dengan pendekatan komprehensif dari hulu ke hilir dan multidispilin. Bagaimana mendeteksi dini sebelum ada keluhan sampai akhirnya melakukan terapi paliatif," kata dia dalam sebuah virtual briefing, Selasa.

Baca juga: Aroma interior mobil baru berpotensi sebabkan kanker

Baca juga: Kombinasi kurang gerak dan salah makan bisa berbuah kanker


Untuk keperluan diagnostik misalnya penyedia fasilitas kesehatan perlu didukung laboratorium dan sumber daya manusia (tim dokter) berkualitas yang melibatkan intradisiplin. Sementara dalam terapi, diperlukan fasilitas bedah, kemoterapi dan radiasi.

Lebih lanjut Rita mengatakan, penanganan kanker di Indonesia berhadapan dengan berbagai tantangan antara lain karena peningkatan jumlah kasus yang menjadi beban sosial dan penyebab kematian dan kecacatan tinggi. 

Hal ini ditambah belum meratanya akses pelayanan kanker di Indonesia. Kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan, ditambah terbatasnya fasilitas pelayanan kanker dan dokter spesialis kanker (onkolog) semakin mendorong kesenjangan dalam hal angka kejadian, kematian, dan angka ketahanan hidup pasien kanker di daerah-daerah terpencil.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Rumah Sakit Kanker Dharmais untuk membuat sistem pelayanan kanker bisa merata di seluruh Indonesia, termasuk membuat jejaring penanganan kanker secara nasional. Agar ini terwujud, dukungan pemerintah daerah setempat diperlukan.

"Kementerian Kesehatan perlu bekerja keras untuk bisa membuat pelayanan ini bisa sesuai yang diharapkan. Kita sudah punya Komite Kanker dan akan ditindaklanjuti," kata Rita.

Rumah sakit jejaring nantinya akan diberikan pengampuan dari Rumah Sakit Dharmais. Bila nantinya rumah sakit itu sudah mandiri, selanjutnya akan memberikan pengampuan pada rumah sakit lain di wilayahnya.

"Untuk mewujudkan ini, pasti kita lihat juga bagaimana sumber daya manusia yang ada, sarana dan prasarana, alat kesehatan dan obat-obatan yang ada," tutur Rita.

Nantinya, perlu ada penentuan level rumah sakitnya, nanti kita lihat kemampuan rumah sakit itu sebagai rumah sakit jejaring pelayanan kanker.

Baca juga: Pemerintah targetkan layanan kanker lebih merata di Indonesia

Baca juga: Kenali penanganan dan deteksi dini kanker payudara

Baca juga: "Telementoring ECHO" solusi tingkatkan pelayanan kanker di daerah

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021