Artikel

Tempat nikmati keindahan bunga sakura, dari Jepang hingga Indonesia

Tempat nikmati keindahan bunga sakura, dari Jepang hingga Indonesia

Bunga sakura (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Bunga sakura mulai bermekaran, menandai datangnya musim semi. Namun, Anda tidak perlu bepergian jauh untuk menikmatinya. Perubahan musim, serta lockdown, menciptakan semakin banyak alasan untuk menikmati keindahan bunga sakura. Jepang biasanya merupakan destinasi yang sangat digemari untuk menikmati “Sakura Zensen”, atau menikmati indahnya bunga sakura yang mekar, namun sebetulnya ada berbagai tempat untuk menikmati bunga berwarna merah muda, dikutip dari siaran resmi Agoda, Kamis.

Baca juga: Tempat terindah di Korea saat musim semi

Indonesia
Jawa Barat
Pohon sakura di Kebun Raya Cibodas mekar dua kali dalam setahun. Pertama di bulan Februari hingga Maret, kedua mekar di bulan Juli hingga Agustus.

Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Tidak perlu khawatir karena ketinggalan musim sakura mekar di bulan Maret atau April karena Anda bisa melihat bunga ini mekar di bulan Oktober di Waingapu. Untuk mereka yang gemar dengan wisata budaya, kunjungi toko dan workshop tenun ikat, dan saksikan pedagang yang memanggul kain di sekitar kota.

Jepang
Tokyo
Wilayah yang sangat populer di kalangan warga lokal adalah Yanaka, Tokyo. Tempat ini menawarkan kesempatan bagi para pelancong untuk melihat budaya Jepang asli, di mana gaya hidup tradisional masih jadi bagian rutinitas keseharian warga. Saat musim semi tiba, Yoyogi Park dan Meguro River menjadi lebih hidup dengan warna-warni. Namun, ada cara lain untuk melihat sakura mekar, yaitu di Yanaka Cemetery dengan jajaran pohon-pohon sakura yang banyak.

Yamanashi
Di bulan April, pastikan untuk mengunjungi wilayah utara. Telusuri labirin rendah untuk menikmati pemandangan memesona bunga sakura yang mekar dengan latar belakang Gunung Fuji. Di siang hari, Nagasaki Park adalah tempat yang ramai dikunjungi warga setempat untuk menikmati musim sakura atau hanami di bawah bunga-bunganya yang berwarna putih dan merah muda.

Baca juga: Gubernur Tokyo minta warga nikmati keindahan sakura tahun depan saja

Korea
Seoul
Tak perlu pergi jauh dari ibu kota Korea Selatan untuk menikmati bunga sakura. Berjalan-jalan di sepanjang danau di Seoul Grand Park, atau kunjungi istana Seoul, yang merupakan tempat yang tepat untuk mengagumi dan mengambil foto bunga Sakura sambil mempelajari kekayaan sejarah Korea dan arsitektur istana.

Jeju
Jeju adalah destinasi wisata nomor wahid di Korea. Pulau ini adalah tujuan wisata nomor satu untuk Tahun Baru Cina 2021 dan tujuan wisata paling populer kedua untuk menghabiskan liburan Tahun Baru 2020, menurut data pemesanan Agoda. Di dekat pusat kota Anda bisa melihat bunga Sakura King yang memiliki kelopak terbesar dari semua jenis bunga sakura.

Malaysia
Kedah

Warga Malaysia bisa menikmati "musim sakuranya" sendiri. Setiap tahun dari bulan Februari hingga April, jalanan kota Alor Setar dihiasi dengan warna warni merah muda dan putih dari pohon yang dikenal sebagai pohon Tecoma. Pohon yang bunganya mirip dengan sakura ini mengubah pemandangan kota. Walaupun bunga ini bisa ditemukan di sebagian besar kota, tempat yang paling populer adalah di sepanjang Jalan Kuala Kedah dan Jalan Langgar.

Penang
Jelajahi wilayah selatan yang juga dikenal sebagai destinasi dengan bunga Tecoma, serta nikmati wisata kuliner, budaya dan sejarah di Penang. Dikenal dengan nama “pohon kertas tisu” atau “pohon bunga terompet” bunga cantik ini biasanya mekar di musim panas, antara bulan Februari dan April. Bunga-bunga yang gugur menutupi jalan dengan kelopaknya yang berwarna merah muda, putih dan ungu.

Filipina
Palawan

Selain dikenal dengan pantainya yang bersih, flora dan fauna bawah air yang menakjubkan dan sungai bawah tanah Puerto Princesa yang terkenal di dunia, Palawan juga menawarkan hal menarik lain, yaitu bunga sakuranya sendiri. Biasa disebut balayong atau Palawan Cherry, pohon ini menghasilkan bunga berwarna putih dan merah muda yang mekar setiap bulan Maret hingga April. Pohon-pohon ini ditanam oleh pemerintah setempat untuk menciptakan taman sakura mereka sendiri.

Baca juga: Sakura sumba, flamboyan, tabebuya percantik lokasi MotoGP Mandalika

Cavite
Lebih dekat ke Manila, Dasmariñas, Cavite juga membanggakan bunga sakura tiruannya. Bunga cantik berwarna merah muda lembut ini dihasilkan oleh Pohon Terompet – sepupu jauh pohon sakura Jepang yang kelopaknya rontok dengan lembut, meninggalkan jejak warna pink di sekitarnya.

Taiwan
Taichung

Wuling Farm adalah salah satu tempat menikmati mekarnya sakura paling populer di Taiwan dengan lebih dari 20.000 pohon.

Nantou
Setelah sejam mengemudi dari Puli Township, Anda akan tiba di AOWANDA National Forest Recreation Area yang tenang yang berlokasi di belakang Wanda Reservoir, rumah dari suku asli Sediq dan Atayal. Selain melihat sakura mekar dan kupu-kupu di musim semi, kunjungi juga "AOWANDA Bridge" yang megah yang menghubungkan wilayah hutan pinus cantik dengan persimpangan aliran sungai AOWANDA utara dan selatan.

Thailand
Nakhon Pathom

Untuk menikmati bunga sakura Thailand mekar, Chompoo Pantip, kunjungilah Kasetsart University yang memiliki lebih dari 200 pohon Chompoo Pantip. Bunga ini hanya mekar sekali dalam setahun di bulan Maret/April. Di bulan ini pohon di kedua sisi jalan dihiasi bunga berwarna pink dan membentuk jalur romantis dan menutupi tanah dengan kelopaknya yang berwarna merah muda lembut.

Baca juga: Panekuk lembut meleleh di mulut adopsi dari jajanan Negeri Sakura

Phatthalung
Pelancong yang tidak bisa menikmati Chompoo Pantip tetap bisa melihat bunga lotus merah muda mekar di Thale Noi Waterfowl Reserve (Thale Noi, Phatthalung). Selain memiliki pemandangan yang memanjakan mata, tempat ini juga rumah bagi ratusan spesies burung.

Vietnam
Hanoi

Sebagai ganti dari akibat ditutupnya perbatasan dan tentunya perjalanan ke Jepang , desa Nhat Tan Cherry Blossom memiliki sakura dengan warna pink gelap unik, yang ditanam oleh warga lokal. Pemandangan musim semi cantik ini juga ditemani oleh suhu udara yang sejuk, menjadikannya tempat liburan yang tenang, jauh dari kesibukan kota.

Da Lat
Dengan hampir 3.000 pohon sakura berwarna pink cerah, Da Lat tempat yang sangat menawan di musim semi dan dikenal sebagai City of Flowers. Sakura di kota ini sangat populer karena bentuknya yang unik, yang menyerupai pohon aprikot lima daun. Untuk mendapatkan pemandangan yang benar-benar menakjubkan, berjalan-jalanlah di kota saat matahari terbit.

Ha Giang
Ha Giang, tempat yang populer di kalangan turis dan warga setempat, keindahan alam semakin menonjol di musim semi. Lanskap alam kota ini dihiasi dengan pohon sakura di sepanjang jalan-jalannya yang berliku melalui Quan Ba, Yen Minh dan Meo Vac. Wilayah ini terletak di antara pegunungan sehingga pemandangan sangat indah.


Baca juga: Sumba Timur siap kembangkan wisata bunga sakura

Baca juga: Bunga sakura mekar di kebun raya Cibodas

Baca juga: LIPI budi dayakan bunga sakura di Kebun Raya Biologi Wamena, Papua

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pantai Sakura hadirkan keindahan Jepang di Kepulauan Seribu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar