110 bendera dipasang di Gedung Merdeka Bandung peringati 66 tahun KAA

110 bendera dipasang di Gedung Merdeka Bandung peringati 66 tahun KAA

Sejumlah bendera dipasang di Gedung Merdeka Bandung untuk memperingati 66 tahun Konferensi Asia Afrika. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

akan dikibarkan selama sebulan penuh sampai 30 April 2021
Bandung (ANTARA) - Sebanyak 110 bendera dipasang di Gedung Merdeka atau Museum Konferensi Asia Afrika untuk memperingati 66 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berlangsung di Kota Bandung.

Kepala Museum Asia Afrika Dahlia Kusuma Dewi mengatakan 110 bendera itu terdiri dari 109 bendera negara Asia Afrika dan satu bendera Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Baca juga: Dubes: menolak aneksasi atas Palestina akan penuhi janji KAA Bandung

"Bendera-bendera ini mulai dikibarkan Kamis 1 April, mulai jam 06.00 WIB dan akan dikibarkan selama sebulan penuh sampai 30 April 2021" kata Dahlia di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Dia mengatakan upacara pemasangan bendera itu dilakukan oleh 18 orang pengibar bendera dari tim internal Museum Konferensi Asia Afrika. Dia memastikan upacara bendera itu dilakukan dengan protokol kesehatan dengan ketat.

Baca juga: Taman Asia Afrika diperkenalkan pada peringatan KAA

Bendera itu dipasang di tiang bendera yang mengelilingi kawasan Gedung Merdeka. Gedung bersejarah itu sendiri terletak di Jalan Asia Afrika yang merupakan pusat Kota Bandung.

Dengan dikibarkannya bendera Asia Afrika itu, ia berharap dapat menggugah kembali semangat serta ingatan bahwa Bandung adalah kota yang bersejarah.

Baca juga: Museum Konferensi Asia Afrika Bandung belum terima kunjungan umum

Dalam peringatan ke-66 tahun KAA ini, ia pun berharap masyarakat Bandung dan Indonesia dapat kembali melestarikan nilai dari Dasa Sila Bandung yang masih relevan untuk diterapkan saat ini.

"Kami ingin menggungah kembali semangat dan ingatan bahwa Bandung adalah kota yang bersejarah, tidak hanya untuk Indonesia tapi untuk bangsa dunia khususnya bangsa Asia Afrika," kata dia.

Baca juga: Dubes AS tertarik pelajari sejarah Konferensi Asia Afrika

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menlu Retno minta Gerakan Non-Blok berpedoman ke Dasasila Bandung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar