Bisnis UKM kemasan berkembang selama pandemi

Bisnis UKM kemasan berkembang selama pandemi

Bisnis UKM kemasan berkembang selama pandemi (Intiboks)

Umumnya mereka yang bertahan adalah UMKM yang kreatif dan inovatif serta terkoneksi dengan dunia digital
Jakarta (ANTARA) - Bisnis pelaku UMKM yang bergerak di bidang kemasan produk berkembang dengan semakin banyaknya permintaan selama pandemi COVID-19.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangannya, Kamis, mengatakan meskipun pandemi berdampak signifikan terhadap pelaku UMKM namun banyak di antaranya yang bisnisnya mampu bertahan bahkan tumbuh.

“Umumnya mereka yang bertahan adalah UMKM yang kreatif dan inovatif serta terkoneksi dengan dunia digital,” katanya.

Salah satu yang berkembang di antaranya UMKM kemasan sebagai bagian dari produk industri kreatif terlebih di kala pandemi ketika banyak produk yang dikirim dengan kemasan eksklusif justru diminati.

Tercatat saat ini banyak perusahaan yang mulai melakukan produksinya kembali mendorong kebutuhan akan produk kemasan berkualitas meningkat tajam.

Salah satu pelaku dan produsen kemasan Riant Adiputra (Founder dan CEO Intiboks Artha Gemilang) menilai saat ini merupakan saat yang tepat untuk memasarkan produk-produk eksklusif berkelas karena peluang pangsa pasar yang lebih pasti dan progresif.

Menurut dia, setiap produk berkualitas membutuhkan kemasan yang baik untuk meningkatkan citra produk serta menjaga agar produk tidak mudah rusak.

Riant misalnya memproduksi kemasan hardbox (rigid) ekslusif strata atas dengan berbagai tipe desain untuk produk-produk berkelas kosmetik, perhiasan, jam tangan, multilevel, fashion, perbankan, dari konsumen dalam dan luar negeri dengan kapasitas mencapai 150.000 boks per bulan.

“Peningkatan pesanan dan permintaan akan suplai boks kemasan eksklusif semakin besar saat pandemi sehingga perlu pengembangan kapasitas sampai menjadi tak terbatas dan menuntut kelengkapan permesinan modern,” katanya.

Kemasan hardboks eksklusif memiliki berbagai keunggulan dibandingkan kemasan karton biasa pada umumnya.

Kemasan Premium Hardbox (Rigidbox) Eksklusif selain lebih kuat dalam melindungi produk di dalamnya, juga menampilkan citra produk agar lebih elegan sesuai dengan kemewahan produk yang ditawarkan di dalamnya.

Dan pada umumnya juga lebih kuat melindungi produk dari guncangan, tekanan, dan suhu udara yang berubah-ubah di dalam suatu ruangan terutama pada masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Dari sisi marketing, kemasan hardboks eksklusif juga lebih menarik perhatian konsumen, bisa disimpan lebih lama, dan bahkan dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Baca juga: Menko Luhut berpesan agar UMKM perhatikan pentingnya kemasan produk
Baca juga: KKP minta UMKM pengolahan ikan peduli kemasan
Baca juga: Kemenperin: Desain kemasan produk IKM perlu sesuai protokol kesehatan

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BPOM kawal UMKM pangan NTB untuk pasar ekspor

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar