Bogor, 26/6 (ANTARA) - Sebanyak 145 petugas kebersihan Kota Bogor mendapat bantuan kacamata gratis dari Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI) Bank Mata Cabang Bogor.

Pemberian kacamata tersebut dilakukan oleh Ketua PPMTI Bank Mata Cabang Bogor, Hj. Fauziah Diani Budiarto, di Aula Bidang Kebersihan Jalan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, Sabtu.

"Pembarian kacamata ini adalah sebagai wujud kepedulian Bank Mata Cabang Bogor kepada petugas kebersihan yang setiap hari bergelut dengan sampah dan debu. Pekerjaan mereka sangat rentan terhadap gangguan mata," katanya di sela acara yang dihadiri Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Indra M. Roesly.

Fauziah menjelaskan para petugas kebersihan yang mendapat kacamata gratis tersebut sebelumnya telah melakukan pemeriksaan mata secara cuma-cuma untuk memastikan jumlah yang terkena dan kondisi kerusakan matanya.

"Awalnya ada 164 petugas yang diperiksa, berdasarkan hasil pemeriksaan hanya 145 orang yang dinyatakan layak menggunakan kacamata. Sisanya dinilai tidak ada gangguan," katanya menjelaskan.

Pemberian kacamata gratis merupakan salah satu program dari PPMTI Bank Mata Cabang Bogor. Selain memberikan kacamata gratis, Bank Mata Cabang Bogor akan melakukan pemeriksaan pra-operasi katarak terhadap dua petugas kebersihan pada tanggal 9 Juli mendatang, sedangkan pelaksanaan operasi katarak akan berlangsung pada tanggal 10 Juli 2010.

Sejak diresmikan oleh Hj. Hasri Ainun Habibie (almarhum) pada bulan Februari 2010, Bank Mata Bogor terus melakukan tugasnya. Pada bulan Juli mendatang merupakan operasi katarak kelima yang diselenggarakan oleh organisasi itu.

"Sudah ada 30 orang yang terdata untuk melakukan pemeriksaan operasi katarak pada Juli mendatang. Operasi akan dilaksanakan pada 10 Juli, sehari sebelum pemeriksaan awal," kata Fauziah.

Fauziah menyebutkan sejak Februari hingga Juni ini sekitar 94 warga miskin telah menerima pelayan operasi mata gratis yang dilakukan Bank Mata Cabang Bogor.

Ia lantas memerinci pada bulan Februari tercatat 10 orang, Maret 11 orang, April 24 orang, Mei 25 orang, dan Juni sebanyak 24 orang.

Istri Wali Kota Bogor ini menegaskan bahwa dirinya akan terus melanjutkan apa yang menjadi cita-cita Almarhum Ainun Habibie untuk memberikan pelayanan kesehatan mata gratis kepada masyarakat miskin di wilayah Bogor dan sekitarnya.

Kepala Dinas CKTR, Indra Roesly, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bank Mata Cabang Bogor terhadap petugas kebersihan.

Menurut dia gerakan yang dilakukan PPMTI telah membantu DCKTR untuk memberikan layanan kesehatan kepada petugasnya.

"Saya mengucapkan terima kasih, semoga program ini terus berjalan sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya," ucapnya.  (LR/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010