Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang akan melakukan rehabilitasi dan pemeliharaan ruas jalan dan jembatan di ibukota provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini, dengan anggaran sebesar Rp3,48 miliar.

Dana untuk tersebut telah dianggarakan dalam APBD Padang 2010 dan akan dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum Padang bersama pihak terkait, kata Ketua DPRD Padang, Zulherman di Padang, Senin.

Ia menjelaskan, ada kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini, yakni perencanaan rehabilitasi/pemeliharaan jalan dengan biaya Rp50 juta, rehabilitas/pemeliharaan jalan dengan dana Rp1,93 miliar.

Satu kegiatan lainnya, operasional dan pemeliharaan rutin jalan dan jembatan dengan dana disiapkan Rp1,5 miliar.

Selain dana rehabilitasi dan pemeliharaan, dalam APBD Padang 2010 juga dialokasikan anggaran untuk pembangunan jalan dan jembatan sebesar Rp9,05 miliar.

Anggaran itu digunakan untuk membiayai tujuh kegiatan terkait dengan perencanaan dan pembangunan jalan serta jembatan yakni perencanaan pembangunan jembatan dialokasikan dana Rp200 juta, perencanaan pembukaan dan pengkrekelan jalan disediakan Rp100 juta serta perencanaan peningkatan jalan dengan biaya Rp150 juta.

Selanjutnya, kegiatan pembangunan jalan dan pembuatan duiker dengan dana Rp527,75 juta, pembuatan infrastruktur jalan dengan biaya Rp4,51 miliar dan pembukaan jalan baru dialokasikan anggaran Rp2,53 miliar.

Selain itu, dalam anggaran tersebut terdapat dana alokasi khusus (DAK) luncuran sebesar Rp1,02 miliar untuk kegiatan pembangunan infrastruktur jalan.
(T.H014/S006/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010