Animasi "Soul" raih "Best Original Score" dalam BAFTA 2021

Animasi "Soul" raih "Best Original Score" dalam BAFTA 2021

Cuplikan dalam film animasi "Soul". ANTARA/IMDB-Soul.

Jakarta (ANTARA) - Lagu original film animasi "Soul" besutan PIXAR yang dikerjakan oleh tiga orang komposer yaitu Jon Batiste,Trent Reznor, dan Atticus Ross meraih penghargaan "Best Original Score" dalan ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) 2021.

Mengutip Billboard, Senin, "Soul" membuat kemenangan pertama yang dialami tiga komposer sekaligus dalam satu kategori yang sama dalam perhelatan BAFTA.

Baca juga: Idris Elba akan dapat penghargaan khusus di BAFTA 2020

Fakta menarik lainnya, lagu original untuk "Soul" menjadi hasil kolaborasi pertama antara musisi Inggris dan Amerika yang memenangkan penghargaan di dalam BAFTA.

Atticus Ross diketahui lahir di Inggris, sedangkan Jon Batiste dan Trent Reznor merupakan dua orang berkewarganegaraan Amerika.

Di samping itu, dalam BAFTA "Soul" menjadi yang ketiga dalam kemenangan kolaborasi untuk lagu original mengikuti "Romeo + Juliet" pada 1997 yang melibatkan Nelle Hooper, Craig Armstring dan Marius de Vries serta "A Star Is Born" pada 2018 yang lagunya digarap oleh Bradley Cooper, Lady Gaga, dan Lukas Nelson.

"Soul" juga menjadi film animasi pertama yang memenangkan penghargaan dalam ajang BAFTA dalam satu dekade terakhir setelah "Up" .

Lagu original "Soul" juga dinominasikan dalam penghargaan musik lainnya yaitu Oscar Awards yang anak dihelat pada 25 April mendatang.

Untuk 2021, baik di BAFTA dan Oscar keduanya memiliki nominasi yang hampir sama dalam kategori lagu original terbaik.

Selain "Soul", film lainnya yang beradu dalam nominasi "Best Original Score" adalah "Mank" karya Trent Reznor dan Atticus Ross, "Minari" karya Emile Mosseri, dan "News of the World" (James Newton Howard).

Lagu lain yang masuk dalam kategori ini di acara BAFTA adalah "Promising Young Woman" karya Anthony Williams, sementara dalam Oscar ada "Da 5 Bloods" karya Terrence Blanchard.


Baca juga: BAFTA Film Awards 2021 akan dihelat April, dua minggu sebelum Oscar

Baca juga: Pangeran William akan absen di BAFTA tahun ini

Baca juga: "Chernobyl" dominasi kemenangan di BAFTA TV Awards 2020

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar