Jakarta (ANTARA News) - Danone Aqua menerima penghargaan lingkungan dalam Kelompok Industri Peduli Lingkungan di tingkat Provinsi Jawa Barat 2010 dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jabar.

"Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf kepada perusahaan yang diwakilkan oleh Parmaningsih Hadinegoro selalu Vice President Corporate Secretary PT Tirta Investama," kata Troy Pantouw, Corporate Communication Director PT Tirta Investama dalam siaran pers yang diterima, di Jakarta, Selasa.

Dalam kesempatan itu juga dicanangkan kampanye Lingkungan Baladkuring 2010 di seluruh kabupaten dan kota se-Jawa Barat dengan tema "Selamatkan Sungai dan DAS di Jawa Barat".

Kegiatan ini disusun sebagai bentuk partisipasi aktif seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan lingkungan, di antaranya pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bogor, dan Dinas-dinas terkait, komunitas peduli lingkungan di Bogor, dan masyarakat.

"Ini merupakan suatu kehormatan bagi Danoe Aqua menerima penghargaan lingkungan dari Provinsi Jawa Barat," kata Troy.

Sejak 2006, dibimbing model Aqua Lestari, Aqua mengambil peran aktif dalam memberdayakan masyarakat dan melindungi lingkungan.

Aqua juga melibatkan para pemangku kepentingan untuk melaksanakan program-program berbasis masyarakat dalam bidang pengelolaan air, akses air bersih, serta kesehatan lingkungan, konservasi, pertanian berkelanjutan, pendidikan, dan pembangunan ekonomi lokal.

Program-program tersebut dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat dan dijalankan di seluruh lokasi pabrik Aqua berada.

Di Jawa Barat, Aqua mengembangkan beberapa program, yaitu dalam program penyediaan sarana air bersih dan penyehatan lingkungan (WASH) telah menyediakan sarana air bersih dan penyehatan lingkungan di Sukabumi, yaitu di Kampung Kubang dan Kampung dan Kampung Pojok dekat pabrik Babakan Pari, Kampung Darmaga, Kampung Lio, Kampung Papisangan Caringin, dan Kampung Babakan Pari Atas.

Sekarang sudah dimulai program WASH di Kampung Nyangkowek Desa Mekarsari-Cicurug. Di Desa Ciburuy dan Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor juga telah dibangun sarana air bersih sebagai salah satu program kerja sama dengan Yasmina (LSM), Pemerintah Kabupaten Bogor dan Danone Aqua.

Selain itu, dalam program konservasi lingkungan, perusahaan bekerja sama dengan Pesantren Al-Amin, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), kelompok tani Hejo Daun, Dinas Kehutanan Setempat, serta masyarakat telah menanam sebanyak 150.000 pohon di area TNGHS di empat desa, yaitu Desa Girijaya, Desa Tangkil, Desa Babakan Pari, dan Desa Cidahu.
(T.A025/D007/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010