Palembang (ANTARA News) - Dua atlet bisbol Sumatera Selatan, Achmad Fahri Dirgantara dan Muhammad Ridho Ardianz, terpilih memperkuat tim nasional Indonesia di ajang Asia Pasific Little League Tournament 2010, di Jakarta, 10-15 Juli.

Wakil Ketua Umum Perserikatan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Sumsel, Rifky Arafat, mengatakan di Palembang, Jumat, keduanya terpilih setelah menunjukkan performa luar biasa di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Baseball dan Softball, 29 Mei-6 Juni 2010.

Selain itu, kedua atlet ini terpilih setelah mengikuti seleksi nasional di Jakarta, 14-23 Juni.

"Prestasi kedua atlet ini sangat membanggakan karena untuk menjadi bagian timnas bukan hal yang mudah. Seleksinya demikian ketat, buktinya dari dari empat atlet Sumsel yang dipanggil seleksi hanya dua yang lolos," ujar dia.

Dia melanjutkan, keberhasilan ini tak lepas dari dukungan Ketua Umum (Ketum) Perbasasi, H Dodi Reza Alex Noerdin, yang telah memberikan fasilitas dan pendanaan.

"Atlet Sumsel yang menunjukkan prestasi mendapat perhatian khusus dari Pengurus Provinsi Perbasasi, seperti mendapat kesempatan berlatih tanding dengan atlet-atlet provinsi lain, hingga bantuan berupa uang saku," ujar dia.

Menurut dia, perhatian lebih seperti ini yang secara tidak langsung membuat atlet Sumsel langganan dalam memperkuat timnas.

"Fahri Dirgantara adalah langganan skuad merah putih. Terakhir dia membela Indonesia di Piala Asia 2007 di Jepang. Bagi Ridho ini adalah kali pertamanya membela Timnas. Kedua atlet ini baru berusia 15 tahun dan masih memiliki banyak kesempatan untuk meningkatkan kemampuan," ujar dia.

Indonesia Little League termasuk dalam divisi Asia Pacifik yang secara rutin mengirimkan tim, untuk mengikuti Asia Pacifik Reginal Tournament (APT).

Pada tahun 2010, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah APT yang diselenggarakan di dua kota secara serentak, di Jakarta dan Surabaya.

Untuk di Jakarta akan menggelar empat liga softball putri dan tiga liga baseball di Lapangan baseball Senayan.

Sedangkan, Surabaya hanya mengadakan satu liga baseball untuk kelompok umur 11-12 tahun.

Beberapa negara yang dipastikan akan ambil bagian adalah Indonesia, China, Singapura, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Vietnam, Korea, Filipina, New Zealand, India, dan Pakistan. (U005*B014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010