Tenis

ITF perpanjang kualifikasi Olimpiade Tokyo hingga 14 Juni

ITF perpanjang kualifikasi Olimpiade Tokyo hingga 14 Juni

Jembatan Pelangi dan Menara Tokyo bercahaya dengan warna Olimpiade untuk memperingati hitung mundur 100 hari menuju Olimpiade Tokyo 2020 yang telah ditunda ke tahun 2021 akibat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19), di Tokyo, Jepang, Rabu (14/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/hp/cfo

Perubahan ini merupakan efek dari penundaan jadwal Roland Garros 2021
Jakarta (ANTARA) - Federasi Tenis Internasional (ITF) menyatakan periode kualifikasi Olimpiade Tokyo tahun ini akan diperpanjang seminggu, yakni hingga 14 Juni, untuk mengantisipasi ajang French Open yang tertunda karena pandemi COVID-19.

Pekan lalu, Federasi Tenis Prancis telah memutuskan untuk menunda penyelenggaraan turnamen Grand Slam tersebut selama satu pekan, sehingga akan dimulai pada 24 Mei dan berakhir pada 13 Juni 2021.

Oleh sebab itu, peringkat dunia tenis putra (ATP) dan tenis putri (WTA) per 14 Juni nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk menentukan para pemain yang berhak mengikuti Olimpiade Tokyo tahun ini.

Baca juga: Del Potro kembali operasi lutut demi Olimpiade Tokyo

“Perubahan ini merupakan efek dari penundaan jadwal Roland Garros 2021,” kata ITF dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Kamis.

“Setelah 14 Juni, kami akan menginformasikan kepada seluruh Komite Olimpiade Nasional (NOC) dan juga semua Asosiasi Tenis Nasional (NA) mengenai para pemain yang lolos ke Olimpiade Tokyo, baik putra maupun putri.”

“Seluruh NOC dan NA selanjutnya harus mengkonfirmasi susunan pemain yang akan bertanding pada nomor tunggal dan nomor ganda. Kami akan mengumumkan daftar lengkap peserta Olimpiade Tokyo pada akhir Juni,” tulis ITF.

Susunan pemain untuk nomor ganda campuran akan ditentukan dari daftar pemain yang pernah berkompetisi dalam ajang Olimpiade.

Turnamen tenis Olimpiade menampilkan 64 pemain tunggal putra dan putri, 32 tim ganda putra dan ganda putri, serta 16 tim ganda campuran.

Setiap negara hanya boleh mengirimkan enam wakil putra dan enam wakil putri, dengan komposisi maksimum empat tunggal putra dan dua tim ganda, baik ganda putra maupun ganda putri. Setiap negara juga hanya diperbolehkan mengirim dua tim ganda campuran.

Olimpiade Tokyo akan diselenggarakan pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Baca juga: Sania Mirza termotivasi impian medali Olimpiade Tokyo
Baca juga: Thiem incar podium Olimpiade Tokyo
Baca juga: Swiatek berambisi juarai seluruh Grand Slam dan Olimpiade


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tokyo peringati 100 hari jelang gelaran Olimpiade

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar