Solo (ANTARA News) - Pemain Sriwijaya FC Keith Kayamba Gums menjadi pemain terbaik Piala Indonesia 2010 dan berhak mendapatkan bola emas dan uang tunai senilai Rp50 juta.

Penyerahan tropi bola emas itu dilakukan sesaat setelah tim yang dibelanya yaitu Sriwijaya FC menjadi juara Piala Indonesia 2010 setelah mengalahkan Arema Indonesia di Stadion Manahan Solo, Minggu (1/8) malam.

Dipilihnya Keith Kayamba Gums bukan tanpa oleh PT Liga dan PSSI bukan tanpa alasan salah satunya adalah mampu bermain konsisten selama menjalani Piala Indonesia sejak babak penyisihan hingga final.

Untuk peraih sepatu emas atau pemain yang mampu mengumpulkan paling banyak gol pada Piala Indonesia diraih oleh striker Persib Bandung Christian Gonzales. Pemain asal Uruguay ini mampu mengemas 10 gol.

Mantan pemain Persik Kediri itu selain mendapatkan tropi berupa sepatu emas juga mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp50 juta sama dengan hadiah yang diraih oleh pemain terbaik.

Penyerahan hadiah bagi pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak dilakukan oleh petinggi PT Liga Indonesia dan PSSI yang diwakili oleh Andi Darussalam Tabusala dan Togar Manahan Nero.

Sementara itu kemenangan Sriwijaya FC pada Piala Indonesia tahun ini merupakan yang ketiga kali secara berturut-turut. Sebelumnya anak asuh Rahmad Darmawan itu menjadi juara musim 2007/2008 dan 2008/2009.

Selain kemenangan ketiga secara beruntun, raihan tropi Piala Indonesia 2010 ini merupakan yang terakhir bagi pelatih Rahmad Darmawan. Karena musim depan pelatih yang sukses membawa ke puncak prestasi tim asal Sumatra Selatan ini sudah tidak digunakan lagi.

Sebagai gantinya Sriwijaya FC akan menggunakan jasa pelatih asing yang juga pernah menangani timnas Indonesia yaitu Ivan Kolev. Pelatih asal Bulgaria itu dikontrak dalam satu musim kedepan.

Untuk hadiah uang Sriwijaya FC yang di manajeri oleh Hendry Zainuddin itu mendapatkan hadiah sebesar Rp1 miliar dan Arema Indonesia diperingkat kedua mendapatkan hadiah sebesar Rp500 juta.

Untuk juara ketiga Piala Indonesia 2010 direbut oleh Persik Kediri yang sebelumnya mengalahkan tim Persipura Jayapura dengan skor tipis 1-0 dan mendapatkan hadiah sebesar Rp300 juta. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010