Efeknya memang lebih berkurang pendapatan
Jakarta (ANTARA) - Kawasan Pasar Tanah Abang terpantau masih ramai pada Hari Minggu petang (9/5) atau empat hari lagi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada tanggal 13 Mei 2021.

Dari pantauan ANTARA di lokasi, Minggu petang sekitar pukul 15.30 - 16.35 keramaian terjadi di beberapa lokasi pasar, yakni di Pasar Tanah Abang Blok F dan Blok B terutama  trotoar di depan kedua blok tersebut.

Baca juga: Bus gratis di Stasiun Tanah Abang diminati warga di akhir pekan

Meski terlihat padat, terutama jika dibandingkan dengan hari-hari kerja saat periode pelarangan mudik, para pedagang menilai kepadatannya masih lebih rendah dibanding akhir pekan sebelumnya (1/5), yang sempat terpantau sangat padat.

"Ini lebih ramai sih, tapi masih kurang dibanding akhir pekan sebelumnya yang sampai padet banget," kata Arsen, salah satu pedagang di depan Blok F.
 
Pengunjung membeli kebutuhan Lebaran di Pasar Tanah Abang (ANTARA/ Ricky Prayoga)


Pengunjung juga, menurut Arsen, rata-rata berasal dari wilayah algomerasi yang dekat seperti Depok, Tangerang, atau sekitar Bekasi, dikarenakan adanya pengetatan untuk keluar masuk Jakarta.

Baca juga: Pasar Tanah Abang lengang di akhir pekan ini

"Efeknya memang lebih berkurang sih pendapatannya," ucap Arsen.

Sementara itu, salah satu pengunjung kawasan Pasar Tanah Abang Drajat, mengaku dia sengaja datang dari Depok untuk membeli pakaian kebutuhan lebaran bagi keluarganya.

"Saya sengaja dari Depok kemari untuk mencari pakaian, ya untung buka dan tidak terlalu padat ya jadi gak ada masalah," ucapnya.

Sebelumnya, diketahui pasar tekstil terbesar di Asia Teggara  akan tutup sementara yakni mulai 12 Mei 2021 hingga Selasa (18/5) mendatang dalam rangka perawatan rutin selain karena libur lebaran.

Baca juga: Pengelola: Pasar Tanah Abang ditutup mulai 12 Mei untuk perawatan

"Iya benar, kita tutup sementara dulu dari tanggal 12 Mei sampai 18 Mei dalam rangka libur lebaran tanggal 13 Mei 2021 dan juga dilakukan perawatan gedung di seluruh blok," kata pengelola Blok A Pasar Tanah Abang Heri Supriyatna ketika dihubungi, Jumat (7/5).

Heri menyebutkan bahwa perawatan itu meliputi pembersihan area pasar, perawatan suku cadang pada gedung dan bagian-bagian lain yang memang sudah harus dilakukan perawatan.

Terkait dengn penutupan ini, pihaknya mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang sejak dua pekan selama berjalannya Ramadhan ini.

"Dua pekan pas puasa kita sudah sosialisasikan kepada para pedagang," ucapnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021