Pangalengan, Jawa Barat (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta masyarakat memelihara infrastruktur, terutama infrastruktur baru di daerah pascabencana.

"Khusus untuk daerah-daerah yang dibangun kembali setelah bencana, peliharalah infrastruktur yang ada," kata kata Presiden saat meninjau Sekolah Dasar Negeri Unggulan Cinta Kasih 1 dan 3 di Pangalengan, Jawa Barat, Sabtu pagi.

Menurut Presiden, langkah itu penting karena membangun infrastruktur tidak mudah dan memerlukan biaya besar hingga triliunan rupiah, begitu pula membangunnya kembali.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan terdapat 2.689 sekolah yang rusak berat, 885 rusak sedang, dan 1.660 rusak ringan di Jawa Barat akibat gempa.

Ia menilai kunjungan Presiden itu menunjukkan kepedulian pemerintah atas program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa bumi di Jabar khususnya di bidang pendidikan.

Dia juga menyampaikan bahwa Jawa Barat masih kekurangan sarana pendidikan dan pemerintah daerah berniat membangun 9.000 unit ruang kelas setiap tahun pada periode 2011-2013.

Kepala Negara beserta rombongan kemudian berkeliling melihat fasilitas baru di kedua SD yang dikunjunginya untuk melihat ruang kelas dan menyaksikan murid SD bermain futsal di halaman tengah sekolah.(*)

G003/A011/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010