Gunawan pernah sembunyi di kolong tempat tidur saat shalat Idul Fitri

Gunawan pernah sembunyi di kolong tempat tidur saat shalat Idul Fitri

Gunawan (ANTARA News/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Aktor Gunawan Sudradjat punya berbagai cerita masa kecil yang tak bisa dilupakan seputar Idul Fitri. Termasuk ketika dia bersembunyi di kolong tempat tidur ketika orang-orang sedang menjalankan shalat Idul Fitri.

Dia mengenang, dirinya yang akan merayakan Lebaran di Tasik masih belia dan belum disunat. Gunawan mengatakan, kala itu anak yang belum disunat tidak boleh mengikuti shalat Id.

Baca juga: Lebaran di Singapura, Gunawan persiapkan diri jadi imam di rumah

"Jadi waktu itu saya diumpetin sama nenek saya. 'Kamu tuh enggak boleh shalat Id, kamu ngumpet saja.'" kata Gunawan kepada ANTARA, Jumat, melalui pesan suara, menirukan percakapannya dengan sang nenek.

Dengan polosnya ia bertanya di mana harus bersembunyi, dan kolong tempat tidur jadi jawabannya. Akhirnya dia bersembunyi di kolong dan tidak keluar sampai orang-orang selesai melaksanakan shalat Id.

"Momen itu yang enggak bisa saya lupakan," katanya.

Ada momen lain yang masih berkesan hingga saat ini, yakni ketika mengikuti pesantren kilat selama satu bulan di Cililin, Bandung. Di sana dia belajar soal disiplin dan kebersamaan, juga ilmu agama yang berharga.

Dia masih ingat betul harus bangun tidur pukul tiga dini hari untuk tadarus sebelum sahur bersama peserta pesantren lainnya. Setelah makan, mereka semua bersiap untuk shalat subuh, kemudian mengaji hingga matahari terbit.

"Baru kita bersiap untuk mandi, habis itu istirahat sebentar terus kita beres-beres. Menjelang shalat zuhur kita ngaji lagi," ujarnya.

Setelah mengaji dan istirahat sejenak, peserta pesantren kita melakukan aktivitas seperti membersihkan halaman masjid, kemudian kembali mengaji jelang shalat Ashar. Rutinitas yang dijalani selama sebulan penuh itu membuatnya lebih disiplin, selain juga belajar lebih dalam tentang ilmu agama.

"Itu pengalaman yang sangat berharga buat saya," ujar Gunawan yang tahun ini melewati Ramadhan di Singapura.

Setelah Lebaran, Gunawan mengungkapkan sebetulnya ada rencana proyek baru, termasuk tawaran film layar lebar. Namun dia belum tahu apakah proyek itu akan diambil karena dia masih bermukim di Singapura.

"Dan juga ada beberapa produksi sinetron, Insya Allah mungkin kalau sinetron bisa kita ambil setelah pulang dari Singapura, saya bisa kembali lagi syuting," tutup dia.

Baca juga: Ussy Sulistiawaty bersyukur bisa Lebaran di rumah

Baca juga: Rian "D'Masiv" ceritakan stok kue kering Lebaran aman berkat hampers

​​​​​​​
Baca juga: Vanessa Angel beri mukena pada binaan di Pondok Bambu rayakan Lebaran

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ridwan Kamil lantik Bupati-Wakil Bupati Bandung dan Tasikmalaya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar