Namun hanya untuk tiga orang yang belum divaksin seperti Gabriel Sophia, Lea Kahol, dan Dyah Lestari. Akan dilakukan sore ini untuk kemudian disubmit ke FIBA besok
Jakarta (ANTARA) - Tim nasional basket 3x3 putri Indonesia tengah sibuk mempersiapkan syarat keberangkatan mereka untuk mengikuti kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo yang akan digelar di Graz, Austria, 26-30 Mei mendatang.

Manajer Timnas Basket Putri 3x3 Indonesia Christopher Tanuwidjaja mengatakan para pemain dijadwalkan bertolak ke Austria pada 24 Mei, dan saat ini masih perlu melengkapi berbagai prosedur keberangkatan yang ditetapkan FIBA, seperti hasil tes PCR dan sertifikat vaksinasi.

"Kini kami sudah mulai fokus pada keberangkatan. Kami akan lakukan tes PCR pertama sebelum keberangkatan. Namun hanya untuk tiga orang yang belum divaksin seperti Gabriel Sophia, Lea Kahol, dan Dyah Lestari. Akan dilakukan sore ini untuk kemudian disubmit ke FIBA besok," ungkap Christopher dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Timnas Basket 3x3 Putri latihan dengan prokes ketat

Sementara itu, bagi para pemain yang sudah divaksin, mereka perlu melengkapi keterangan vaksinasi yang dilengkapi dengan hasil tes PCR serta tes antibodi.

"Semua sudah kita test hasil antibodinya per hari Sabtu (15/5) kemarin dan hasilnya bagus semua. Rencana berikutnya adalah tes PCR kedua sebelum keberangkatan dilakukan pada 22 Mei 2021. Tes kali ini untuk seluruh peserta baik yang sudah vaksin dan yang belum vaksin. Hasilnya akan diserahkan ke FIBA pada 23 Mei nanti," tuturnya.

Timnas basket 3x3 putri sudah menggelar latihan sejak 4 April lalu. Demi memaksimalkan persiapan, manajer tidak memberikan mereka jatah libur meski Lebaran karena jadwal pertandingan yang tinggal sebentar lagi.

Timnas basket 3x3 putri Indonesia untuk pertama kalinya mengikuti kualifikasi Olimpiade. Namun pada keikutsertaan kali ini, Christopher mengatakan tak ada target yang ambisius apalagi lawan yang dihadapi cukup berat, yakni Amerika Serikat, Uruguay, Jerman, dan Prancis.

Baca juga: Cetak sejarah, timnas 3x3 putri ikuti laga kualifikasi Olimpiade Tokyo

Susunan pemain yang akan membela timnas di kualifikasi Olimpiade, yaitu Dewa Ayu Made Sriartha, Dyah Lestrari, Nathania Claresta Oriville, Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Henny Sutjiono, dan Garbiel Sophia.

"Di kualifikasi Olimpiade ini kami tidak ada target muluk-muluk, kami hanya mencari pengalaman untuk para pemain. Lawan yang kami hadapi di atas kami semua jadi di sini tim akan dibawa lebih enjoy saat bertemu lawan-lawan yang bagus di level dunia," kata Christopher.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi menjelaskan bahwa sebelum berangkat ke Austria, timnas basket putri 3x3 Indonesia akan bermalam di Jakarta. Mereka akan disambut PP Perbasi sebelum berjuang di Austria untuk kemudian dilepas oleh Ketua Umum dan Sekjend PP Perbasi.

"PP Perbasi akan melepas timnas basket putri 3x3 Indonesia sebelum berjuang di Austria. Semoga ini menjadi penambah motivasi pemain dan menguatkan mental bertanding mereka saat di Austria nanti," ujar Nirmala.

Baca juga: Timnas basket 3x3 putri Indonesia telan tiga kekalahan beruntun

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021