Butterbeer Harry Potter turut ramaikan KEK MNC Lido City

Butterbeer Harry Potter turut ramaikan KEK MNC Lido City

Ilustrasi (Pexel)

Jakarta (ANTARA) - Minuman khas di kisah Harry Potter yakni butterbeer buatan Madam Rosmerta di desa Hogsmeade akan hadir meramaikan theme park Movieland Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City di Jawa Barat.

"Ini akan baik untuk ekonomi kreatif. Menciptakan wirausaha baru, menjadi tempat wisata bagi masyarakat Indonesia bahkan luar negeri, meningkatkan pemasukan devisa, menciptakan lapangan kerja, sekaligus memperbaiki taraf hidup masyarakat," kata Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam siaran pers pada Minggu.

Meski tak ada yang tahu pasti resep minuman Butterbeer, namun beberapa kafe pernah meracik minuman khas liburan para penyihir Hogwarts tersebut.

Baca juga: Lido jadi KEK baru, Bos MNC optimistis akan dorong ekonomi kreatif

Movieland adalah sebuah pusat industri film terintegrasi pertama di Indonesia, yang menyediakan kebutuhan kreatif insan film mulai fasilitas praproduksi, lokasi shooting hingga infrastruktur pascaproduksi, yang seluruhnya didukung oleh teknologi canggih terkini.

Layaknya di Hollywood, Amerika Serikat, Movieland juga akan menyediakan tempat wisata. Nantinya, para pengunjung bisa melihat-lihat langsung lokasi shooting ataupun properti dan kostum yang ikonik dalam film maupun drama.

KEK MNC Lido City sudah dilengkapi infrastruktur jalan yang memadai. Dari Jakarta yang sesak, pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar satu jam melalui akses tol Bocimi.

MNC Lido City merupakan kawasan dengan luas 2.000 hektar yang sudah dibebaskan, mencakup Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Lahan tersebut kemudian ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Theme park yang akan dibangun di dalam KEK Lido itu diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) hingga mencapai 63,4 juta orang sampai 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun.

Inflow devisa dari wisman serta penghematan outflow devisa dari wisnus dapat mencapai 4,1 miliar dolar AS selama 20 tahun.

KEK Lido juga diprediksi akan membuka lapangan kerja baru dengan menyerap 21.000 tenaga kerja langsung dan 84.000 tenaga kerja tidak langsung.

Baca juga: Mencicipi butterbeer di kafe ala Harry Potter

Baca juga: Butterbeer sudah ada di Indonesia


Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Serunya berwisata di sekolah sihir Harry Potter

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar