Jakarta (ANTARA News) - Sony telah memenangkan larangan sementara yang mencegah distributor Australian menjual sebuah perangkat keras bajakan untuk PlayStation 3 (PS3).

The PS3Jailbreak "dongle" memungkinkan gamer bermain dengan game buatan sendiri dan bajakan pada konsol game.

Larangan itu mencegah OzModChips, Mod Supplier, dan Quantronics mengimpor, mendistribusikan atau menjual perangkat.

Sampai 31 Agustus, Sony membawa kasusnya ke pengadilan untuk larangan permanen.

Jika gagal, chip bisa mulai dijual pada 1 September.

Perusahaan menolak untuk mengomentari proses. Para distributor Australia tidak bisa dihubungi.

Perintah pengadilan juga memberikan kontrol terhadap Sony dari semua dongle dalam kepemilikan perusahaan dan memungkinkan perusahaan raksasa elektronik menguji perangkat - termasuk "destructive analysis" - untuk melihat bagaimana mereka bekerja.

Dongle adalah sepotong kecil perangkat keras yang terhubung ke laptop atau komputer desktop untuk tujuan perlindungan dari duplikasi atau mengecek keaslian perangkat lunak.

PS3Jailbreak adalah dongle yang berisi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan game ke konsol hard disk.

Itu adalah produk pertama untuk memecahkan keamanan pada PS3.

Itu disambut dengan skeptis ketika video perangkat - diposting oleh OzModChips - yang pertama kali muncul dalam online pada awal Agustus.

Pada saat itu, juru bicara untuk Konsol Pro, distributor lain yang berbasis di Belanda, mengatakan kepada BBC News "dongle mengkonversi unit ritel ke unit dev".

Dev unit digunakan oleh pengembang untuk menguji kode untuk mesin.

"Mode Dev akan menjalankan beberapa - bahkan kode - rahasia," kata juru bicara itu. "Menggunakan pembuat cadangan sederhana atau perangkat lunak pemutar, anda dapat memutar game [cadangan disimpan] tanpa disc sebenarnya pada PS3."

Legalitas produk - biasa disebut modchips - dibedakan menurut negara.

Di Australia hal itu legal, sedangkan di Inggris kasus pengadilan terakhir yang dibawa oleh Nintendo menyebutkan bahwa "mesin pengganda games" ilegal untuk diimpor, mengiklankan atau menjual.

Pendukung modchips mengatakan mereka adalah satu-satunya cara untuk bermain game buatan sendiri, yang dikenal sebagai "homebrews".

Tidak diketahui apakah distributor di negara-negara lain dilayani dengan pemberitahuan serupa.

Namun, juru bicara Konsol Pro mengatakan kepada BBC News dalam pelarangan Jumat bahwa perusahaan itu "tidak mendengar apa-apa dari Sony atau pengacara atau pengadilan".

"Saya benar-benar ragu Sony memiliki alasan untuk melarang dongle ini."

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010