Jakarta (ANTARA News) - Atlet pelatnas Asian Games 2010 Faisal Zainuddin sumbang medali emas pertama bagi Indonesia pada Kejuaraan Karate Indonesia Terbuka ke-2 di GOR Lila Buana, Denpasar, Bali, Jumat, setelah terjadi All-Indonesian final untuk nomor Kata perorangan putra.

Faisal yang dipersiapkan untuk Asian Games di Guangzhou, Cina bulan depan, melaju ke final Kata perorangan putra tanpa bertanding karena mendapatkan "bye" dan berhasil mengalahkan rekan satu pelatnasnya Fidelys Lolobu dengan skor 4-1 pada final.

Sedangkan Fidelys sendiri melaju ke final setelah dalam pertandingan semifinal Kata perorangan putra menekuk atlet Uni Emirat Arab Marwan Al-Mazem dengan skor 4-1.

"Saya cukup lega bisa mempersembahkan emas pertama di kejuaraan ini, dan ini sekaligus menjadi ajang ujicoba saya sebelum saya berlaga di event Asian Games," kata Faisal seusai pertandingan.

"saya di Asian Games nanti juga akan berusaha mempersembahkan yang terbaik bagi negara saya," tambahnya.

Sementara itu di bagian putri, Indonesia juga meraih medali emas pada nomor Kumite perorangan putri -68kg, setelah atlet pelatnas Asian Games 2010 Yolanda Asmuruf melibas atlet Malaysia Syakilla Salni dengan skor 4-2.

Yolanda maju ke final setelah dalam semifinal mengalahkan karateka asal Vietnam Bui Thi Trieu dengan skor 10-8, dan Syakilla melaju kefinal dengan mengalahkan atlet pelatnas SEA Games 2011 Wiwi Pertiwi dengan skor 1-0.

Namun Indonesia kecolongan untuk nomor Kata perorangan putri, setelah atlet pelatnas SEA Games Yulianti Syafrudin harus tunduk kepada karateka asal Vietnam Nguyen Ms Hoang ngan dengan skor 0-5.

Hingga saat berita ini diturunkan, masih berlangsung pertandingan nomor Kumite putra dan putri, dan besok, Sabtu, juga akan dipertandingkan nomor Kata beregu putra dan putri serta Kumite.

Kejuaraan Karate Indonersia Terbuka 2010 yang diikuti delapan negara setelah Iran menyatakan absen di Bali ini berlangsung hingga, Minggu (26/9).
(A020/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010