Sidoarjo (ANTARA News) - Tim promosi Deltras Sidoarjo tampil mengejutkan saat membekuk Sriwijaya FC dengan skor telak 3-1 (1-0) pada pertandingan perdana Liga Super Indonesia 2010/2011 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jatim, Rabu.

Gol-gol kemenangan "The Lobster" masing-masing dicetak kapten tim Ferry Aman Saragih pada menit ke-31, Marcio Souza menit ke-53, dan Danilo Fernando menit ke-70.

Sedangkan satu gol balasan Sriwijaya FC dilesakkan Keith Kayamba Gumbs melalui eksekusi penalti pada menit-66 setelah tangan pemain Deltras Anang Ma`ruf menyentuh bola di kotak terlarang.

Kemenangan Deltras di laga perdana ini cukup mengejutkan karena dari sisi materi pemain, Sriwijaya FC yang berstatus juara Piala Indonesia dan baru saja memenangi ajang "Community Shield", sebenarnya jauh lebih baik.

Pelatih Deltras, Mustaqim, mengakui materi pemain timnya masih kalah dibandingkan dengan Sriwijaya FC yang diperkuat sejumlah pemain nasional.

"Tapi, anak-anak justru punya motivasi berlebih untuk mengalahkan pemain-pemain nasional itu. Syukurlah anak-anak bisa menjalankan tugas di lapangan dengan maksimal dan menang," katanya.

Penjaga gawang Deltras Yanuar Fernanda menjadi pahlawan bagi timnya setelah menggagalkan beberapa peluang gol dari pemain Sriwijaya. Salah satunya tendangan penalti Kayamba Gumbs pada akhir babak pertama.

Pada akhir babak kedua, Yanuar Fernanda juga mementahkan sejumlah tekanan Sriwijaya FC, di antaranya dari Kayamba Gumbs, Arif Suyono, dan Mahyadi Panggabean.

Pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev, mengatakan timnya sebenarnya tidak harus kalah seandainya beberapa peluang bagus pada babak kedua mampu dimaksimalkan menjadi gol.

"Ada empat peluang bagus yang mestinya jadi gol, tapi kiper Deltras tampil bagus sekali. Selain itu, cederanya beberapa pemain membuat permainan tidak maksimal," katanya.

Selain Otto Maniani yang harus ditarik keluar pada awal babak pertama karena cedera, Kolev juga kehilangan Budi Sudarsono pada babak kedua karena cedera kaki kanan.

Menurut informasi, kaki kanan Budi Sudarsono di bagian betis robek setelah terkena pecahan kaca sengaja ditendangnya saat jeda pertandingan di ruang ganti pemain.

"Salah satu kaca di ruang ganti pemain Sriwijaya FC memang pecah, dan kami sudah menyampaikan komplain kepada pihak Sriwijaya FC atas kejadian itu," kata salah satu panpel Deltras, Makin Rahmad.

Susunan pemain:

- Deltras: Yanuar Fernanda (pg), Bejo Sugiantoro, Mujib Riduan, Dodok Anang/Widhi Susanto, Sutikno, Anang Ma`ruf, Khoirul Mashuda, Danilo Fernando, Ferry Aman Saragih/Fachmi Amirudin, Christiano Lopez, Marcio Souza/Wahyu Setiyanto.

- Sriwijaya FC: Fauzal Mubaroq (pg), Supardi, M. Ridwan, Ahmad Juprianto, Gunawan, Ponaryo Astaman, Firman Utina, Otto Maniani/Arif Suyono, Budi Sudarsono/Dirga Lasut, Park Jung Hwan/Mahyadi Panggabean, Keith Kayamba.(*)

(D010/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010