Boyolali (ANTARA News) - Kedatangan rombongan jemaah haji asal Kabupaten Demak, Jawa Tengah, yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 4 dijadwalkan tiba di Bandara Adi Sumarmo, Surakarta, Kamis, pukul 11:00 WIB, namun mengalami keterlambatan sekitar lima jam.

Rombongan haji kloter empat seharusnya tiba di Bandara Adi Sumarmo Surakarta pada pukul 11:00 WIB, tetapi diundur hingga pukul 16:00 WIB karena terjadi kepadatan penerbangan di Bandara King Abdul Aziz , Arab Saudi, kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta, Abdul Choliq, di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jumat.

Menurut Choliq, keterlambatan kedatangan haji tersebut, antara lain karena pintu masuk atau gate di bandara setempat yang tersedia untuk jemaah Indonesia hanya satu sehingga dipastikan adanya kepadatan masa pemulangan ini.

Selain itu, kata dia, jemaah haji pada penyelenggaraan tahun ini, harus melalui pemeriksaan yang cukup ketat oleh petugas Arab Saudi saat memasuki bandara setempat sehingga cukup menyita waktu lama.

"Pemeriksaan masuk di bandara setempat tahun ini lebih ketat dibanding tahun lalu. Petugas tahun lalu yang hanya memeriksa orang-orang tertentu yang dicurigai saja," katanya.

Sementara kepulangan pada hari kedua di Debarkasi Surakarta sebanyak tiga kloter, tetapi kloter lima jemaah haji asal Demak dan kloter enam asal Pati belum diketahui secara jelas pukul berapa akan tiba di Bandara Adi Sumarmo Surakarta.

Namun, kata Choliq, rombongan jemaah haji kloter lima menurut jadwal sebelumnya tiba di Surakarta pada pukul 14:15 WIB dan mundur menjadi pukul 15:00 WIB dan kloter enam pukujl 18:15 WIB.

Sementara sebayak 12 armada bus dari daerah Demak telah tiba dan memasuki halaman di Asrama haji Donohudan sejak pukul 07:30 WIB.

Menurut Kasubbag Pengumpul dan Pengolahan Data PPIH Debarkasi Surakarta, Ahmad Suaidi, bus tersebut disiapkan untuk mengangkut jemaah haji pulang ke daerah asalnya.

Menurut Suaidi, setibanya jemaah haji di asrama akan dilakukan pemeriksaan paspor oleh petugas Keimigrasian dan memerlukan waktu sekitar dua hingga tiga jam kemudian jemaah langsung dipulangkan ke daerah asal.

Choliq menambahkan, keterlambatan pemulangan jemaah haji di Debarkasi Surakarta diperkirakan akan berlangsung hingga 10 hari ke depan dan diharapkan bisa kembali lagi sesuai jadwal semula.

Sementara Debarkasi Surakarta hingga hari kedua ini sudah memulangkan sebanyak 1.140 jemaah dari 32.988 jemaah. (*)

Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2009