Palembang (ANTARA News) - Masyarakat terutama kelurga jemaah mengharapkan kedatangan umat muslim dari tanah suci tidak terlambat supaya penjemputan  tepat waktu.

Kalau kedatangan jemaah haji Sumatra Selatan (Sumsel) sesuai jadwal maka penjemputan tidak akan terlambat, kata Muslim salah seorang keluarga jemaah haji di Palembang, Sabtu.

Lebih lanjut dia mengatakan, sehubungan itu diharapkan kedatangan jemaah haji berikutnya tidak terlambat lagi sehingga masyarakat yang menjemput akan datang sesuai jadwal.

Berdasarkan data, kedatangan kelompok terbang (Kloter) satu hingga enam selalu terlambat satu hingga empat jam sehingga pejemput selalu kecepatan datang ke asrama.

Sebelumnya Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, Drs H Udin Djuhan mengatakan, keterlambatan itu karena pemberangkatan dari Arab Saudi yang jadwalnya mengalami perubahan.

Selain itu keterlambatan itu karena pemeriksaan jemaah haji lebih ketat sehingga memakan waktu cukup lama, kata dia.

Selain itu terjadinya keterlambatan itu karena pemberangkatan jemaah seluruh dunia hanya pada satu Bandara di Arab Saudi sehingga wajar bila tiba di tempat tujuan tertunda.

Namun, diharapkan kedatangan kloter berikutnya sesuai jadwal sehingga jemaah tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang tepat waktu.

Jemaah haji Sumsel yang menunaikan rukun Islam kelima tahun 2009 ini tercatat 6.349 orang, dan 24 diantaranya batal berangkat karena berbagai faktor seperti meninggal dunia dan sakit. (*)

Editor: Luki Satrio
Copyright © ANTARA 2009